4 Cara Mengobati Wasir Secara Alami

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Gejalanya dapat berupa nyeri, gatal, pendarahan rektal, dan bahkan terasa kesuliatan saat duduk.

Read More

Wasir bisa bersifat internal atau eksternal. Wasir internal berkembang di dalam anus atau rektum. Sedangkan wasir eksternal berkembang di luar anus. Wasir eksternal ini adalah yang paling umum dan paling mengganggu.

“Pertama, sadari bahwa wasir biasanya tidak sakit, tapi bisa berdarah tanpa rasa sakit, kata ahli bedah kolorektal Massarat Zutshi, MD.

Melansir Health Cleveland Clinic, (19/7/2020), jika terasa sakit, wasir mungkin telah pindah ke luar saluran anus (atau prolaps) selama buang air besar dan menjadi membesar.

Selain itu, jika wasir mengalami pembekuan darah (atau menjadi trombosis), bisa menjadi sangat menyakitkan.

Tapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit wasir. Berikut empat cara alami yang bisa dilakukan:

1. Duduk berendam di Air Hangat

Umumnya, para ahli merekomendasikan penderita wasir untuk mengatasi nyeri dengan duduk di bak mandi berisi air hangat selama 15 menit, beberapa kali sehari – terutama setelah buang air besar.

Perawatan ini bisa dikatakan salah satu perawatan terbaik. Apotek biasanya menjual baskom kecil yang pas untuk diletakan di atas toilet, sehingga Anda bisa merendam bagian anus dengan nyaman.

2. Psyllium Husk

Psyllium husk adalah suplemen yang membantu meningkatkan asupan serat, yang bertujuan untuk melembutkan feses, agar lebih mudah dikeluarkan.

Namun Zutshi mengimbau untuk tidak menambah serat terlalu banyak, terlalu cepat, karena juga dapat menyebabkan kembung atau kram perut.

Gunakan ini hanya untuk melunakkan feses dan membuat buang air besar lebih teratur. Pastikan untuk minum banyak air jika Anda mengonsumsi suplemen ini.

AppleZoomZoom Ilustrasi

3. Lidah buaya

Sifat anti inflamasi lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan wasir. Meskipun belum ada penelitian khusus terkait manfaat lidah buaya untuk wasir, beberapa manfaat untuk kondisi kulit inflamasi lainnya telah terbukti.

Lidah buaya aman untuk dicoba, namun jangan tambahkan bahan atau krim lain.

4. Garam epsom dan gliserin

Perawatan rumahan yang kurang dikenal ini dapat membantu meredakan wasir yang menyakitkan.

Gunakan ramuan sederhana berikut untuk membuat senyawa yang bisa dioleskan langsung ke area yang meradang:

  1. Campur 2 sendok makan garam Epsom dengan 2 sendok makan gliserin.
  2. Oleskan campuran tersebut ke kain kasa dan letakkan di area yang sakit.
  3. Biarkan aplikasi ini di area tersebut selama 15 hingga 20 menit.
  4. Ulangi setiap empat hingga enam jam sampai rasa sakit mereda.

Selain tiga cara di atas, beberapa orang meyakini asam cuka apel dan tea tree oil juga bisa bermanfaat mengurangi nyeri pada wasir.

Namun Zutshi mengatakan, belum ada penelitian khusus yang mempelajari hal tersebut, sehingga sebaiknya dihindari, untuk mencegah timbulnya masalah baru.

Ia juga menyarankan untuk berkonsultasi pada dokter dan mendapatkan diagnosis yang tepat saat muncul gejala wasir.

“Penting untuk menemui dokter dan mengetahui adanya pendarahan, terutama jika Anda belum pernah menderita wasir sebelumnya,” katanya.

Untuk membantu mengobati dan mencegah wasir, Zutshi menekankan pentingnya makan cukup serat (25 gram sehari untuk wanita, 38 gram sehari untuk pria) dan minum setidaknya delapan gelas air sehari.

Perubahan pola makan ini dapat membuat feses lebih mudah dikeluarkan dan mencegah masalah berulang.

#Cara #Mengobati #Wasir #Secara #Alami

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts