Mumi-mumi di Mesir Terus Bermunculan, Kini Jumlahnya Lebih dari 100

  • Whatsapp

KOMPAS.com – September lalu, dunia dikejutkan dengan penemuan 13 peti mati berisi mumi di dalamnya. Temuan terbilang menyita perhatian publik lantaran jumlahnya yang cukup banyak.

Read More

Tapi penemuan peti mati di situs Saqqara, Mesir ini nampaknya belum berakhir. Setelah pada Oktober, jumlah peti mati yang ditemukan makin banyak. Dan kini jumlah tersebut masih terus bertambah.

Seperti dikutip dari Live Science, Rabu (18/11/2020) bulan ini arkeolog Kementerian Purbakala Mesir kembali menemukan peti mati sehingga sekarang jumlahnya lebih dari 100.

Pihak berwenang pun mengaku belum mengetahui total jumlah mumi yang akan ditemukan di situs Saqqara tersebut. Meski begitu, terungkapnya peti-peti mati berisi mumi ini menjadi hal yang istimewa karena banyak peti yang sebelumnya telah dijarah.

“Orang-orang bertanya berapa banyak peti mati yang kami temukan. Jawabannya dalah saya belum tahu,” kata Mustafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Barang Purbakala Mesir.

Tak hanya menemukan peti mati berisi mumi. Di dalam situs pemakaman, tim arkeolog juga mengungkap keberadaan 40 patung yang menggambarkan dewa “Ptah-Soker”. Dewa ini adalah gabungan dari “Ptah” yang merupakan dewa Memphis dan “Soker” yang merupakan dewa Saqqara.

Arkeolog juga menemukan 20 kotak kayu yang menunjukkan gambaran Horus, dewa langit Mesir dengan kepala elang.

Selain itu, terdapat pula dua patung kayu bertuliskan nama “Phnomus”, namun peneliti belum mengetahui siapa orang tersebut.

 

Berbagai artefak itu menurut peneliti berasal dari sekitar 712 SM dan 30 SM. Selama periode tersebut, Mesir kuno diduduki dan dikendalikan oleh sekelompok asing seperti Asyur, Persia, dan Yunani.

Selanjutnya penggalian akan terus berlanjut di situs itu. Para arkeolog berharap untuk menemukan lebih banyak peti mati berisi mumi dan artefak lainnya.

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, sejak 3000 tahun yang lalu, Saqqara telah menjadi tempat penguburan orang-orang Mesir kuno.

Pemakaman yang dijuluki gurun kuburan ini menyimpan situs arkeologis. Dari bangsawan, pejabat tinggi, hingga kalangan menengah ke bawah dikuburkan di situs ini.

#Mumimumi #Mesir #Terus #Bermunculan #Kini #Jumlahnya #Lebih #dari

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts