Gempa Tektonik M 3,0 Guncang Rancabali Bandung Dipicu Sesar Garsela

  • Whatsapp

KOMPAS.com- Wilayah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung diguncang gempa tektonik bermagnitudo M3,0 pagi ini pukul 06.01 WIB, Minggu (15/11/2020).

Read More

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,16 LS dan 107,5 BT.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho ST MSi mengatakan lokasi tepat berada di darat pada jarak 15 km arah barat daya Kabupaten Bandung kedalaman 14 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, BMKG menyebutkan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

 

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan),” kata Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami BMKG kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Adapun, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kecamatan Ranca Bali dengan Skala Intensitas II MMI.

Shutterstock Ilustrasi gempa bumi

Intensitas getaran tersebut dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Terkait gempa susulan, berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 07.56 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

 

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Hendro.

Selain itu, upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi.

Serta, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa tektonik yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

#Gempa #Tektonik #Guncang #Rancabali #Bandung #Dipicu #Sesar #Garsela

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts