Ilmuwan Temukan Asteroid Antara Mars-Jupiter Bernilai 10 Juta Triliun Dolar

KOMPAS.com- Teleskop Hubble berhasil menangkap penampakan dari sebuah asteroid yang sebagian besar terbuat dari besi dan nikel.

Menariknya pula, peneliti juga memperkirakan jika asteroid tersebut bernilai hingga $10.000 kuadriliun atau setara dengan $10 juta triliun. Sebuah angka yang fantastis bukan?

Seperti dikutip dari CNN, Senin (9/11/2020) asteroid yang disebut dengan 16 Psyche ini terletak di sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter. Asteroid memiliki diameter 225 km.

Ilmuwan percaya bahwa Psyche merupakan inti logam dari planet awal yang kehilangan mantel dan kerak karena tabrakan yang mungkin terjadi saat pembentukan tata surya.

Sehingga dengan mempelajarinya, dapat membantu peneliti untuk memahami masa-masa awal sejarah Tata Surya kita. Termasuk juga mempelajari inti planet Bumi.

Namun sementara ini, pengamatan yang dilakukan melalui Teleskop Hubble telah memberikan sedikit gambaran mengenai asteroid dan mampu menangkap kedua sisi Psyche.

Untuk mempelajari lebih detil lagi, pada tahun 2022 nanti, badan antariksa Amerika (NASA) berencana mengirimkan pesawat luar angkasa tak berawak ke asteroid Psyche untuk mempelajarinya lebih dekat dan menentukan komposisinya.

Seperti misalnya apakah asteroid mengandung sulfur, kalium, atau fasa logam lain.

SHUTTERSTOCK/Dima Zel Ilustrasi asteroid dekat Bumi. Fenomena langit, Asteroid 2020 SX3 akan melewati Bumi hari ini, Kamis (8/10/2020).

Berdasarkan komposisinya, ilmuwan kemudian dapat memperkirakan bagaimana sebuah planet terbentuk.

Pesawat luar angkasa tak berawak dijadwalkan akan tiba di Psyche pada Januari 2026 dan akan mengorbit selama 21 bulan.

Pesawat akan memetakan dan mempelajari asteroid dari kejauhan, membuat gambar supaya segera dapat dilakukan analisis lebih lanjut.

Penambangan asteroid

Lebih lanjut, Lindy Elkins-Tanton, ilmuwan planet yang terlibat dalam studi yang telah dipublikasikan di jurnal The Planetary Science Journal sempat memberikan perkiraan kalau asteroid Psyche bernilai $10.000 kuadriliun.

Meski punya nilai yang fantastis, asteroid tersebut nampaknya tidak masuk menjadi target asteroid yang bisa ditambang.

“Kami tak dapat membawa Psyche kembali ke Bumi karena tak memiliki teknologi untuk melakukan itu. Tapi tentu saja tetap menarik memikirkan bongkahan logam sebesar dengan diamater 225 km tersebut,” ungkap Elkins-Tanton.

Selain itu juga, jarak merupakan alasan yang masuk pertimbangan. Objek yang lebih dekat dengan Bumi adalah kandidat yang lebih realistis untuk penambangan luar angkasa.

#Ilmuwan #Temukan #Asteroid #Antara #MarsJupiter #Bernilai #Juta #Triliun #Dolar