Mulai Malam Ini, Konjungsi Bulan-Mars Hiasi Langit Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com- Menemani libur panjang Anda sembari beraktivitas di rumah saja, Anda bisa mencoba mengamati pemandangan langit berupa konjungsi Bulan- Mars.

Read More

Mulai malam ini 29 Oktober 2020, fenomena konjungsi atau kesejajaran Bulan dan Mars akan kembali terjadi di langit Indonesia dengan puncak konjungsi terjadi pada esok hari, Jumat (30/10/2020).

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), pada hari ini, konjungsi antara Bulan dan Mars dapat diamati sejak senja hari yaitu pada pukul 18.00 WIB.

 

Anda dapat menyaksikannya kesejajaran ini dari arah Timur dengan sudut pisah 4,27 derajat dan ketinggian 25 derajat di atas ufuk.

Hingga esok hari, konjungsi kedua benda langit ini akan terbenam pada dini hari pukul 04.10 WIB dari arah Barat dengan sudut pisah 2,29 derajat.

Disebutkan pula keduanya akan terletak di konstelasi Pisces.

 

Setelah sebelumnya konjungsi Bulan-Mars pada bulan Oktober 2020 ini pernah terjadi pada tanggal 3 lalu, tetapi dinyatakan bahwa konjungsi yang akan terjadi mulai malam ini adalah lebih besar dibandingkan ketikan tanggal 3 Oktober tersebut.

Fenomena ini dapat diamati dengan mata telanjang selama kondisi cuaca cerah, bebas polusi cahaya, dan bidang pandang yang tidak terhalang apapun.

Umumnya, untuk dapat mengetahui apakah itu Planet Mars, bisa Anda amati jika benda terang layaknya bintang itu berada segaris lurus dengan Bulan, dan bisa jadi yang paling terang penampakannya.

#Mulai #Malam #Ini #Konjungsi #BulanMars #Hiasi #Langit #Indonesia

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts