Sembari Menanti Vaksin Covid-19, Kenapa Orang Dewasa Perlu Imunisasi Influenza dan PCV?

  • Whatsapp

KOMPAS.com- Sembari menantikan vaksin Covid-19 untuk melawan virus corona baru, SARS-CoV-2, ahli menyarankan agar orang dewasa dan lanjut usia melakukan beberapa vaksinasi atau imunisasi lainnya terlebih dahulu.

Read More

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, Dr Dirga Sakti Rambe MSc SpPD. 

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara sepisifik menyebutkan, terutama kepada orang dewasa, selama pandemi sebaiknya mendapatkan vaksinasi influenza dan pneumonia atau PCV,” kata  Dirga dalam acara forum dialog kabar bertajuk Mengapa Vaksin Penting? Perlukan untuk Orang Dewasa? di Media Center KPCPEN, Kamis (15/10/2020).

Seperti diketahui, sedari awal kehadiran Covid-19 ini di China pada November 2019 lalu, virus SARS-Cov-2 memiliki kecenderungan untuk menginfeksi saluran pernapasan.

 

Oleh sebab itu, diawal kemunculannya penyakit pandemi baru ini disebut dengan pneumonia misterius China, berganti dengan Novel Coronavirus hingga akhirnya disebut dengan Covid-19.

Gejala atau reaksi dari infeksi virus SARS-Cov-2 tersebut membuat pasien merasakan demam tinggi, flu, batuk, pilek, hingga gangguan pada saluran pernapasan seperti sesak napas layaknya seseorang terkena penyakit pneumonia dan influenza.

Adapun, pneumonia dan influenza merupakan dua dari banyaknya penyakit yang sudah ada vaksinnya saat ini.

Maka daripada itu, vaksinasi influenza dan vaksin pneumonia (Pneumococcal Conjugate Vaccine) dapat diberikan sementara untuk mencegah penyakit yang bergejala serupa dengan Covid-19 itu. 

SHUTTERSTOCK/Africa Studio Ilustrasi pemberian vaksin corona, vaksinasi Covid-19 melawan pandemi virus corona.

Untuk diketahui, vaksin influenza diberikan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus influenza, dan ini penyakit menular. Di mana umumnya infeksi virus influenza akan membuat orang yang terinfeksi memiliki gejala batuk, demam, dan nyeri otot.

Vaksin influenza ini sebenarnya harus dilakukan oleh orang dewasa setidaknya satu tahun sekali untuk mencegah penyakit flu yang mudah menular, apalagi pada saat pergantian musim (pancaroba) dan juga musim hujan.

Sementara, vaksin PCV atau vaksin pneumonia itu diberikan untuk mencegah penyakit radang paru yang disebabkann oleh bakteri Streptococcus, yang umumnya menyerang saluran napas bagian bawah dan menular lewat batuk, bersin, terutama saat berbicara.

Sama halnya dengan Covid-19, pneumonia memang paling rentan pada orang lanjut usia dan juga anak-anak karena daya tahan tubuh mereka yang rendah dan tidak stabil.

 

Dalam persoalan di tengah pandemi ini, perlu diingat bahwa pemberian imunisasi pada orang dewasa berupa vaksin influenza dan PCV tersebut bukanlah menangkal tuntas infeksi Covid-19 menyerang tubuh.

Akan tetapi, setidaknya jika diberikan vaksin influenza dan PCV, itu akan memperkuat pertahanan tubuh dari infeksi virus influenza dan bakteri Streptoccocus yang bergejala serupa dengan infeksi Covid-19.

Tidak hanya itu, kata dia, pemberian imunisasi ini juga diharapkan dapat meminimalkan dampak yang fatal, jika sewaktu-waktu infeksi Covid-19 tidak bisa dihindari.

“Setidaknya ada dua penelitian besar yang menunjukkan bahwa pasien yang terkena Covid-19 tapi sebelumnya pernah vaksinasi influenza, risiko kematiannya lebih rendah dan dampaknya ketika tertular lebih ringan,” jelasnya.

#Sembari #Menanti #Vaksin #Covid19 #Kenapa #Orang #Dewasa #Perlu #Imunisasi #Influenza #dan #PCV

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts