5 Fakta Menarik Asteroid 2020 SX3 Lewat Dekat Bumi Hari Ini

  • Whatsapp

KOMPAS.com- Asteroid 2020 SX3 akan melintasi lewat dekat bumi hari ini, Kamis (8/10/2020) dan tidak berpotensi tabrakan.

Read More

Lantas, apa fakta Asteroid 2020 SX3 ini dan bagaimana cara kita mengamatinya?

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo menyebutkan ada beberapa fakta menarik Asteroid 2020 SX3 yang akan lewat dekat bumi hari ini.

1. Baru ditemukan

Marufin berkata, 2020 SX3 menunjukkan asteroid itu ditemukan pada tahun 2020 tepatnya pada paruh kedua bulan September 2020 (letter S).

Dalam paruh kedua September itu yakni antara tanggal 16 hingga 30 September, asteroid ini adalah asteroid baru ke-98 yang ditemukan dalam rentang waktu tersebut.

 

Asteroid baru ke-98 itu berasal dari 3 dikali 25 ditambahkan 23, letter X melambangkan angka 23.

2. Jarak dekat 4,4 kali lipat bumi-bulan

Adapun, pada hari ini jarak lewat asteroid ini dengan Bumi adalah hanya 4,4 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan, atau setara 1,7 juta km.

Jarak ini didasarkan pada rata-rata jarak bumi-bulan yaitu 384.400 km, yang merupakan salah satu standar tak baku dalam satuan jarak astronomi.

3. Seringkali melintas dekat Bumi dan tidak bahaya

Marufin menuturkan, perhimpunan astronomi internasional memiliki sistematika untuk mengindentifikasi benda-benda langit mini seperti asteroid dan komet, mengingat jumlah penemuannya yang sangat banyak dalam kurun dasawarsa terakhir.

 

Sementara, nama-nama mitologis yang ada di kebudayaan-kebudayaan di bumi yang sangat terbatas.

Secara tradisional nama-nama mitologis digunakan untuk menamai benda-benda langit.

Dengan identifikasi tersebut menjamin sebuah asteroid atau komet adalah khas dan tidak tertukar dengan asteroid atau komet yang lain.

“Menariknya karena ini menjadi asteroid baru yang untuk kesekian kalinya ditemukan melintas cukup dekat dengan Bumi dalam skala astronomi. Meski tidak mendatangkan bahaya,” tuturnya.

SHUTTERSTOCK/MOPIC Ilustrasi asteroid raksasa mendekati Bumi

4. Tak berpotensi menabrak Bumi

Marufin menegaskan bahwa Asteroid 2020 SX3 ini tidak memiliki potensi untuk bertabrakan dengan bumi, setidaknya hingga satu abad ke depan.

Berdasarkan orbitnya yang diketahui pada saat ini dan dengan memperhitungkan gangguan gravitasi bumi, serta planet-planet lainnya seperti Planet Venus, Mars dan Jupiter.

Maka, fakta menarik Asteroid 2020 SX3 selanjutnya yakni selama seabad ke depan orbit asteroid ini tidak akan bersinggungan atau berpotongan dengan orbit bumi.

“Ia (Asteroid 2020 SX3) hanya lewat pada jarak tertentu, misalnya 1,7 juta kilometer seperti yang terjadi pada Kamis (8/10/2020),” jelasnya.

 

5. Tak bisa dilihat, terlalu redup dan kecil

Kendati lewat dekat Bumi, tetapi sayangnya, kita tidak dapat menyaksikan fenomena Asteroid 2020 SX3 lewat dekat bumi ini dengan mata secara langsung.

“Secara visual kita tidak bisa melihatnya. Sehingga, tidak ada ketampakan yang langsung terlihat,” jelasnya.

Sebab, kata Marufin, obyeknya relatif kecil yaitu berdiameter 50 meter dan melintas pada jarak 1,7 kilometer dari Bumi. Sehingga, tingkat terangnya setara dengan magnitudo Pluto yaitu +14.

Untuk dapat kemungkinan mengamati fenomena asteroid ini, Anda membutuhkan teleskop berkekuatan tinggi atau berdiameter besar untuk bisa melihatnya.

#Fakta #Menarik #Asteroid #SX3 #Lewat #Dekat #Bumi #Hari #Ini

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts