Dari Kacamata Safety, Bolehkah Modifikasi Helm Motor? Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa tahun ke belakang, ada beberapa modifikasi yang dilakukan pada helm. Misal seperti melapisi dengan bahan beludru warna-warni, memakai gimbal-gimbal di atas helm, hingga model tabung LPG.

Read More

Tentunya pemandangan ini memang sangat unik dan menghibur jika ditemui di jalanan. Namun kalau dari segi keamanannya perlu dipertanyakan, apakah aman atau malah bisa membahayakan?

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan jika ingin memodifikasi helm, yaitu jangan melupakan fungsi utama helm sebagai alat pelindung kepala saat kecelakaan.

Istimewa Helm Tabung Gas.

“ Modifikasi tentunya harus melihat dari kelayakan helm tersebut. Jika memiliki standar SNI asli, nyaman digunakan dan tidak mengganggu pandangan pengendara, tentu sah-sah saja,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

Namun harus diperhatikan juga model dan bentuk helmnya. Jangan sampai bentuknya malah membahayakan orang lain, seperti rambut gimbal yang terlalu panjang sehingga berpotensi tersangkut ke kendaraan lain.

“Selain itu, jika bentuk helm tidak melindungi kepala pengendara, tentunya tidak layak untuk digunakan. Apalagi yang model LPG yang tidak menggunakan visor,” ucap Agus.

Agus mengatakan, salah satu kelayakan penggunaan helm yaitu dengan adanya visor. Jika tidak ada visornya, ada kemungkinan muka terkena batu-batu kecil, binatang dan lainnya yang bisa mengenai mata pengendara.

“Kalau helm trail atau offroad kan ada kacamata terpisah yang tetap digunakan saat berkendara. Helm-helm yang tidak dilengkapi visor tentu bisa membahayakan,” kata dia.

#Dari #Kacamata #Safety #Bolehkah #Modifikasi #Helm #Motor #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts