Rupiah Pagi Hari Dibuka Melemah, Dollar AS Setara Rp 14.851

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Rabu (31/8/2022) pagi bergerak melemaht. Koreksi ini disebabkan oleh sentimen eksternal yang mendongkrak indeks dollar AS.

Read More

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.845 per dollar AS, melemah dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.842,5 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah terus bergerak melemah, di mana sampai dengan pukul 09.50 WIB nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.851 dollar AS, turun tipis 8,5 poin atau 0,06 persen.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, indeks dollar AS menguat terhadap sejumlah mata uang, setelah data keyakinan konsumen dan pembukaan pekerjaan AS tercatat lebih kuat dari perkiraan.

Tercatat, data keyakinan konsumen atau Consumer Confidence AS naik menjadi 103,2 dari sebelumnya 95,3, lebih tinggi dari yang perkiraan, 98,0. Sementara itu, data pembukaan pekerjaan atau Job Openings tercatat 11,24 juta, lebih tinggi dari yang perkiraan, 10,38 juta.

“Data AS yang lebih kuat mendorong ekspektasi yang lebih tinggi terhadap Fed untuk mempertahankan sikap hawkish dalam waktu dekat,” ujar Josua, kepada Kompas.com, Rabu.

Turun Rp 8.000 Per Gram, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Adapun pada pagi hari ini, rupiah menjadi mata uang yang mengalami koreksi paling dalam di Asia, mengekor Baht Thailand yang anjlok 0,21 persen.

Sementara itu, sejumlah mata uang Asia lainnya, mulai dari dollar Singapura, dollar Hong Kong, won Korea Selatan, rupee India, yuan China, hingga ringgit Malaysia, menguat terhadap dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Rupiah #Pagi #Hari #Dibuka #Melemah #Dollar #Setara #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts