Luncurkan QRIS Jakpreneur, Pemprov DKI Bisa Pantau Secara Langsung Perkembangan UMKM

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) bekerjasama dengan dengan NETZME Kreasi Indonesia meluncurkan sistem pembayaran, QRIS Jakpreneur.

Read More

Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, QRIS Jakpreneur merupakan bagian dari implementasi lebih lanjut penerapan program 7P langkah kewirausahaan agar pelaku usaha UMKM menjadi sukses dengan memanfaatkan teknologi sistem pembayaran QRIS.

Tidak hanya memberikan fasilitas sistem pembayaran non-tunai yang cepat, mudah, murah, aman dan handal, QRIS Jakpreneur juga memungkinkan Dinas PPKUKM melakukan pemantauan secara real time perkembangan kinerja setiap UMKM dari berbagai program pengembangan kewirausahaan yang selama ini sudah, sedang berjalan dan yang akan datang.

“QRIS Jakpreneur ini juga akan segera terintegrasi secara penuh dan langsung dengan platform Jakpreneur yang sudah dikembangkan terlebih dahulu sebelumnya oleh pihak Dinas PPKUKM, serta sudah menaungi lebih dari 324.000 UMKM Jakpreneur dari seluruh wilayah DKI Jakarta,” ujar dia, dalam keterangan resmi, Selasa (23/8/2022).

Adapun hingga saat ini sudah hampir 10.000 UMKM Jakpreneur telah dapat memanfaatkan QRIS Jakpreneur untuk bisa menerima segala bentuk pembayaran non-tunai dari segala jenis aplikasi perbankan maupun pembayaran apapun di Indonesia.

Peluncuran sistem pembayaran itu dilakukan bersamaan dengan digelarnya event “Merdeka Belanja Online” yang akan berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta pada 23-25 Agustus 2022.

BI: QRIS Sudah Digunakan Lebih dari 20 Juta Pengguna

Dalam event tersebut, masyarakat dapat berbelanja berbagai produk UMKM Jakpreneur, dan bisa memperoleh voucher belanja senilai Rp 50.000 hanya dengan berbelanja sebesar Rp 200.000 melalui QRIS Jakpreneur.

“Saya harap kolaborasi dan event ini dapat terus bertambah dan menyentuh semakin banyak usaha mikro dan ultra mikro karena hampir 95 persen pelaku usaha di Jakarta adalah usaha mikro dan ultra mikro,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sementara itu, CEO Netzme Vicky G. Saputra menilai, kehadiran QRIS Jakpreneur yang merupakan salah satu sistem pembayaran teranyar nasional, dapat mendukung pertumbuhan pelaku UMKM, melalui peningkatan inklusi dan literasi keuangan digital.

“Melalui aplikasi pembayaran berbasis komunitas dengan beragam layanan jasa akses layanan keuangan dan beragam fitur pengembangan kewirausahaan mikro kreatif yang dimiliki oleh Netzme, kami optimistis tujuan yang ingin dicapai oleh Pemprov DKI Jakarta dapat terwujud,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Luncurkan #QRIS #Jakpreneur #Pemprov #DKI #Bisa #Pantau #Secara #Langsung #Perkembangan #UMKM #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts