PLN Sediakan Pasokan Listrik Berlapis Selama ASEAN Para Games 2022

  • Whatsapp

SOLO, KOMPAS.com – PT PLN (Persero) memasok listrik pada gelaran olahraga ASEAN Para Games XI sejak 30 Juli hingga penutupan Sabtu (6/8/2022).

Read More

Direktur Regional Bisnis Jawa Madura Bali Haryanto WS menjelaskan PLN menerapkan skema Zero Down Time (ZDT) dalam memasok listrik untuk gelaran olahraga se-ASEAN ini. 

“Pasokan listrik berlapis dan ratusan personel disiagakan untuk menjamin listrik tanpa kedip ini. Alhamdulillah sejak pembukaan lalu listrik PLN mendukung pelaksanaan ASEAN Para Games. Semua pertandingan bisa diselesaikan dengan baik atas dukungan listrik PLN,” ujar Haryanto dalam siaran pers Sabtu (6/8/2022).

PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis melalui 8 unit gardu berjalan (UGB), 25 unit uninterrutible power supply (UPS), 3 unit kabel bergerak (UKB), dan 14 unit genset dengan total peralatan sebanyak 50 unit.

Peralatan backup tersebut dilengkapi dengan automatic change over switch (ACOS).

“Ini bentuk dukungan langsung kami, PLN sudah menguji coba seluruh peralatan sehingga acara penutupan dapat berlangsung lancar, andal dan pasokan listrik berjalan dengan sukses,” ujar Haryanto.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menutup gelaran ASEAN Para Games XI dan mengapresiasi langkah kolaborasi semua pihak dalam menyukseskan ASEAN Para Games XI tahun ini.

“Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah menyukseskan acara ini. Terima kasih sebanyak banyaknya kepada masyarakat Solo dan Solo raya yang sudah menjadi tuan rumah yang ramah,” ujar Presiden.

Jokowi menilai, melalui ASEAN Para Games XI semua pihak mampu belajar tentang komitmen dan integritas. Tantangan dan keterbatasan bukanlah halangan untuk berprestasi. Presiden juga menilai solidaritas antara negara ASEAN bisa menjadi kekuatan besar untuk semakin maju ke depan.

“Atas nama Masyarakat Indonesia saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh delegasi dan atlet atas  suportif dan persaudaraannya,” lanjutnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali secara khusus berterima kasih kepada Kementerian BUMN dan seluruh BUMN yang berpartisipasi dalam menyukseskan ASEAN Para Games XI.

Ia menilai, suksesnya acara ini berkat dukungan semua pihak yang terlibat sehingga mampu mewujudkan acara yang mampu menjadi kebanggaan Indonesia.

“Tentunya terima kasih kepada seluruh BUMN yang sudah terlibat langsung dalam mendukung gelaran acara ini sehingga bisa sukses hingga penutupan,” ujar Zainudin.

Tahun ini, Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Ada total 175 emas dikumpulkan untuk mempertahankan gelar di Kuala Lumpur 2017. Indonesia menempati posisi puncak setelah merebut 425 medali. Rinciannya, 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu.

Ajang ini diikuti oleh 1.285 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Laos, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#PLN #Sediakan #Pasokan #Listrik #Berlapis #Selama #ASEAN #Para #Games #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts