Ini Pesan Erick Thohir untuk 2.700 Perserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Rekrutmen Bersama BUMN 2022 semakin mendekati tahap akhir. Pada tahapan ini, 2.700 peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian tes yang intensif dan komprehensif mulai menjalani inaugurasi.

Read More

Tahapan inagurasi digelar di Tennis Indoor GBK Senayan, Rabu (3/8/2022). Ini merupakan kelanjutan dari serangkaian seleksi administrasi serta kemampuan dasar dan kemampuan bidang, terdapat 2.700 peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian tes yang intensif dan komprehensif ini.

Menteri Badan Usah Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Rekrutmen Bersama BUMN 2022 memiliki peran penting untuk keberlanjutan kepemimpinan di BUMN. BUMN memerlukan figur-figur muda yang tidak hanya memiliki kapasitas, tetapi juga AKHLAK yang baik.

“Tidak banyak yang mendapat kesempatan ini, hanya 2.700 terbaik yang bisa bergabung, artinya kita harus bertanggung jawab untuk pekerjaan kita, memberikan yang terbaik yang bisa kita berikan, dan bekerja pakai hati untuk menghasilkan yang terbaik,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Rabu (3/7/2022).

Mantan bos Inter Milan ini mengatakan, guna memberikan wawasan kebangsaan, penanaman integritas cinta Tanah Air Indonesia dan kedisiplinan seraya mengimplementasikan nilai-nilai akhlak sebagai core value BUMN, Kementerian BUMN dan FHCI berkolaborasi dengan TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut menggelar pembekalan Bela Negara kepada peserta RBB termasuk insan BUMN asal Papua Papua Barat dan disabilitas.

Pembekalan yang dilaksanakan sejak 28 Juli hingga 2 Agustus 2022 ini dilaksanakan di 5 lokasi yaitu TNI AL Korps Marinir Cilandak, TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma, Pusat Pendidikan Zeni (PUSDIKZI) Bogor, TNI AD Rindam Jaya Condet, dan TNI AD Kostrad Cilodong.

“Fondasi karakter adalah kunci kalau kita ingin terus menjadi negara yang maju, negara yang makmur, negara yang mendunia, karakter menjadi kunci perjuangan, dan kunci kebangkitan. Program bela negara adalah program yang sejalan dengan fondasi pembangunan karakter yang ada di BUMN, yaitu akhlak,” tegas Erick Thohir.

Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Melalui program bela negara, para peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini dididik untuk bekerja sama dengan baik, bersikap adaptif, harmonis dan kolaboratif, sama halnya dengan yang selalu ditekankan Erick kepada Direksi untuk bekerja sama dengan berbagai pihak seperti UMKM, pihak Swasta, dan pihak Asing untuk membangun ekosistem Indonesia.

Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar menyampaikan pentingnya pelaksanaan tahap pembekalan bela negara bagi peserta RBB untuk memberikan pembinaan fisik, penanaman karakter dan kesempatan membangun sinergi serta kolaborasi antar BUMN sejak dini.

“Kami percaya bahwa penanaman karakter yang baik akan memperlancar pergerakan roda regenerasi BUMN agar senantiasa dapat mencetak figur pimpinan muda yang berkualitas untuk Indonesia yang mampu menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang,” kata Alexandra.

Ia menambahkan, inagurasi dimaknai bukan akhir dari sebuah proses rekrutmen melainkan titik awal dari perjalanan insan BUMN yang baru bergabung untuk dapat terus mengembangkan kapabilitas dan karakter sesuai dengan nilai-nilai akhlak.

“Selanjutnya setelah inaugurasi, karyawan baru BUMN akan memulai pembekalan di masing-masing BUMN, melalui induksi dan onboarding untuk mengakselerasi penyesuaian peserta di lingkungan baru sehingga dapat segera berperan dan berkontribusi secara efektif dan positif untuk memajukan BUMN,” tutur Alexandra.

Erick mengatakan, dengan semangat belajar, bertumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia, para insan BUMN terpilih ini diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai akhlak dan bekerja sesuai Employee Value Proposition (EVP) BUMN.

“Karena itu, kita dorong 5 fondasi transformasi BUMN yang salah satunya adalah transformasi human capital,” kata Erick.

Ia meyakini transformasi BUMN tidak mungkin berhasil tanpa transformasi human capital-nya. Transformasi manusia harus menjadi yang terdepan karena hari ini yang namanya pertumbuhan itu akan tergantung pada inovasi kita sebagai manusia yang memiliki knowledge based ekonomi.

“Kita ingin membangun yang namanya continue leadership,” lanjut Erick Thohir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ini #Pesan #Erick #Thohir #untuk #Perserta #Rekrutmen #Bersama #BUMN #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts