Nasabah Kresna Life Gugat OJK ke Pengadilan, Apa Saja Tuntutannya?

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Nasabah korban gagal bayar perusahaan asuransi Kresna Life melayangkan gugatan perbuatan melawan hukum kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Read More

Gugatan ini diajukan oleh kuasa hukum nasabah Kresna Life Benny Wulur ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 373/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst pada 1 Juli 2022.

“Betul yang saya ajukan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) karena ada dugaan tindakan diskriminasi dari OJK,” kata Benny saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Dalam gugatan tersebut, nama Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Anggota Dewan Komisioner OJK IKNB Riswinandi, dan beberapa pejabat OJK lainnya yang menangani kasus Kresna Life.

Salah satu nasabah yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pihaknya merasa sangat dirugikan secara materiil dan immaterial dengan kelalaian pengawasan OJK untuk mendapatkan solusi agar dana cepat dibayar sejak awal tahun 2020.

“Tapi komunikasi OJK sangat minim dan yang didapat nasabah hanya sanksi terhadap Kresna Life, yang tidak memberikan solusi nyata kepada nasabah,” tegas dia.

Kasus Kresna Life Vs kasus Wanaartha Life, nasabah: OJK tak konsisten beri sanksi

Dalam kasus ini, nasabah menilai OJK telah lalai dalam melaksanakan fungsinya sebagai pengaturan dan pengawasan terhadap lembaga jasa keuangan, dalam hal ini yaitu Kresna Life.

Selain itu, nasabah juga melihat OJK tidak konsisten dalam memberikan sanksi pada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki masalah sama terkait likuiditas.

Nasabah membandingkan dengan sanksi yang diberikan pada Wanaartha Life yang hanya PKU sebagian.

Apa kata OJK? 

Sebelumnya Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, Kresna Life sudah menyampaikan RPK. Pun, sesuai mekanisme OJK masih menganalisis usulan RPK itu.

OJK perlu memastikan apakah RPK yang diajukan Kresna Life dapat mengatasi permasalahan keuangan perusahaan.

Analisis RPK khususnya untuk menilai apakah langkah-langkah Kresna Life dapat menyelesaikan kewajibannya kepada pemegang polis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Nasabah #Kresna #Life #Gugat #OJK #Pengadilan #Apa #Saja #Tuntutannya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts