Shopee Bawa UMKM Lokal Go International lewat Pameran di Le BHV Marais Paris

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penampilan penyanyi Anggun C Sasmi di jalan Rue de Rivoli, Paris, Perancis, Kamis (8/6/2022) menarik perhatian masyarakat setempat. Tak berhenti di situ, penampilan gamelan, wayang, dan tarian arahan koreografer Eko Supriyanto menyusul pagelaran budaya Indonesia di Paris.

Read More

Pertunjukkan tersebut merupakan opening ceremony program “Java in Paris” yang diselenggarakan di Le BHV Marais, Paris, Perancis. Acara dimulai sejak Kamis (9/7/2022) sampai Minggu (17/7/2022).

Program itu diinisiasi oleh Shopee bekerja sama dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, dan Le BHV Marais Paris. Acara merupakan realisasi komitmen Pemkot Surakarta untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Solo naik kelas dan berdaya saing global.

Dalam program tersebut, ratusan produk UMKM Indonesia dipamerkan di Le BHV Marais. Sebagai salah satu department store terbesar di Perancis yang merupakan bagian dari jaringan Galeries Lafayette, tidak mudah untuk produk-produk UMKM lolos kurasi tim Le BHV Marais.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Andorra, Monako dan UNESCO Mohammad Oemar menaympaikan bahwa produk yang lolos kurasi oleh tim Le BHV Marais merupakan produk yang sudah memenuhi kriteria pasar di Paris.

“Kurasi dilakukan langsung oleh pihak toko, restoran, dan desainer fesyen di Perancis sehingga sesuai dengan selera pasar di Perancis dan standardisasi Uni Eropa,” ujarnya.

Salah satu produk Indonesia yang berhasil lolos kurasi oleh tim Le BHV Marais adalah brand Shiroshima yang memproduksi pakaian batik. Dengan konsep baju batik daily wear, Shiroshima memiliki motif yang minimalis dan model lebih segar.

“Ini merupakan sebuah kebanggan bagi saya. Sebelumnya, saya belum merasa percaya diri untuk memperluas (pasar produk) ke Eropa karena takut produk saya tidak cocok,” kata pendiri Shiroshima, Dian.

Dengan masuk ke pasar Paris, lanjutnya, produk UMKM Indonesia juga memiliki potensi di kancah global. Ia pun ingin semakin dapat memberdayakan pembatik dan mendukung perekonomian lokal.

Pada kesempatan yang sama, Director of BHV Marais Home and Eataly Paris Marais Purchasing Amandine de Souza menyampakan bahwa Indonesia memiliki budaya yang kaya, tetapi masih sedikit masyarakat Perancis dan Eropa yang mengetahuinya.

Oleh karena itu, kata Amandine, pihaknya bekerja sama dengan Shopee untuk mengurasi brand dan produk terbaik dari Indonesia agar bisa ditampilkan kepada para pengunjung di Paris.

“Kami ingin semakin banyak orang mengenal produk Indonesia. Salah satunya, batik buatan Solo, melalui kerja sama dengan Pemkot Surakarta,” ujarnya.

Dok. Istimewa Shopee bekerja sama dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surakarta, KBRI Paris, dan Le BHV Marais Paris gelar program Java in Paris.

Sebagai informasi, Java in Paris juga merupakan bagian dari aktualisasi pemberdayaan UMKM lokal yang terus bergerak maju dan kini dapat menjangkau pasar dunia.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Java in Paris merupakan momentum bagi UMKM untuk melompat lebih tinggi menembus pasar dunia.

“Java in Paris menjadi sebuah pencapaian baru bagi UMKM lokal agar bisa dikenal dan diminati di pasar Eropa. Melalui produk-produk UMKM ini, kami juga bisa memperkenalkan cerita dan nilai budaya meskipun ini hanya bagian kecil dari budaya Indonesia yang begitu luar biasa,” ujarnya.

Director and Country Head Sea Indonesia Kiky Hapshary mengatakan bahwa acara tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi strategis antara pemerintah dan perusahaan swasta untuk menghadirkan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM.

“Dengan dukungan ekosistem bisnis digital Shopee dalam mengakselerasi perkembangan UMKM, Java in Paris ini akan menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk bangkit dan melihat peluang yang lebih besar. Saya berharap, program ini bisa menginspirasi lebih banyak UMKM lokal untuk tumbuh dan menjangkau dunia,” kata Kiky.

Hal tdersebut diamini oleh Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja. Ia menjelaskan bahwa komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM melalui program Java in Paris.

Dhika mengatakan, Shopee ingin menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia. Kelanjutan dari komitmen Shopee untuk UMKM melalui program tersebut juga sekaligus menandai satu tahun berdirinya Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo.

“Kami berharap, dukungan melalui program ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM lokal agar lebih banyak UMKM yang bisa dikenal di pasar internasional. Ini adalah waktunya bagi UMKM untuk tidak hanya berjaya di Indonesia, tapi juga bisa eksis di kancah internasional,” jelas Dhika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Shopee #Bawa #UMKM #Lokal #International #lewat #Pameran #BHV #Marais #Paris #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts