Tahan Laju Urbanisasi, Anak Muda Didorong Berbisnis Pertanian

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak muda didorong untuk masuk bisnis pertanian untuk menahan laju urbanisasi, terutama mereka yang baru lulus perguruan tinggi atau korban PHK di masa pandemi. 

Read More

Untuk itu, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) mendukung program Petani Milenial yang diluncurkan sejak Maret 2021.

 Program ini memiliki tujuan demi mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian Jabar yang memiliki inovasi, gagasan dan kreativitas.

Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari mengatakan, pihaknya menyalurkan kredit bagi Petani Milenial melalui dua skema yaitu direct dan closed loop.

Skema direct, yakni penyaluran kredit secara langsung pada petani yang feasible dan bankable serta memiliki pengalaman mumpuni di bidang pertanian.

Sedangkan skema closed loop, yakni penyaluran kredit dengan skema kemitraan dimana petani berbudidaya sesuai dengan pasar yang tersedia.

Petani akan memperoleh pendampingan dari selama budidaya dan hasil panen akan langsung dibeli offtaker yang berperan sebagai avalist baik untuk kreditnya maupun hasil panennya.

“Dengan pola kemitraan ini diharapkan selepas mengikuti program petani dapat berdikari,” kata Nancy melalui keterangannya, Senin (4/4/2022).

 

Bank BJB juga memberikan bantuan modal kepada Petani Milenial melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang besaran kreditnya tergantung RKU (Rencana Kerja Usaha) yang disampaikan oleh petani.

Sejak diluncurkan hingga saat ini total pembiayaan yang telah tersalurkan mencapai kurang lebih Rp 66,5 miliar kepada 362 debitur, dengan kualitas kredit atau rasio Non Performing Loan (NPL) yang terjaga dengan baik di level 0 persen.

Bank BJB juga menyediakan layanan perbankan dan perencanaan keuangan bagi para petani milenial, serta menyediakan ID Card yang berfungsi sebagai ATM bagi para petani milenial (ATM Co-Branding).

“Bank BJB berperan sebagai koordinator pembiayaan melalui pemberian kredit dan memberikan pemberdayaan bagi para petani milenial,” kata Nancy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tahan #Laju #Urbanisasi #Anak #Muda #Didorong #Berbisnis #Pertanian #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts