PT Pelni Sediakan 49.267 Kursi Selama Angkutan Lebaran 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyiapkan 49.267 tempat duduk dari total 70 kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran 2022.

Read More

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani memerinci, jumlah 70 kapal tersebut terdiri dari 26 kapal penumpang dan 44 kapal utama perintis.

“Dari 26 kapal penumpang kapsitas terpasang tempat duduk yang tersedia adalah 32.447. Sedangkan, untuk kapal utama perintis 16.820 tempat duduk. Sehingga, total tempat duduk semuanya untuk angkutan Lebaran adalah 2022 49.267 tempat duduk,” jelas dia dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI Selasa (29/3/2022).

Ia memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 26 April 2022 sebanyak 16.900 penumpang. Sementara, pada arus balik pada 9 Mei 2022 diprediksikan sebanyak 17.200 penumpang.

Ia menjelaskan, 26 kapal penumpang akan singgah di 76 pelabuhan. Sedangkan, untuk 44 kapal utama perintis akan singgah di 281 pelabuhan.

PT Pelni mengaku telah menyiapkan armada dengan melakukan ramp check bersama Kementerian Perhubungan. Pengecekan itu termasuk di dalamnya mengenai kesehatan mesin dan alat-alat keselamatan, misalnya sekoci.

PT Pelni juga telah melakukan koordinasi dengan Pertamina perihal ketersediaan bahan bakar. Ia menghitung, konsumsi rata-rata untuk 30 hari masa peak season Lebaran sebanyak 17.000 kilo liter.

Terkait protokol kesehatan, PT Pelni mengacu pada peraturan Kementerian Perhubungan. Penumpang yang telah melakukan dua kali vaksin atau satu kali booster tidak perlu menunjukkan hasil PCR dan antigen.

Sedangkan, penumpang yang belum divaksin atau baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama harus memperlihatkan hasil negatif PCR 3 x 24 jam dan negatif antigen 1 x 24 jam di pelabuhan sebelum naik ke kapal.

Selanjutnya, PT Pelni juga telah melakukan penyesuaian rute guna mengantisipasi lonjakan penumpang di pelabuhan tertentu. Hal ini juga diikuti dengan pengaturan ulang jadwal kapal. Tujuannya, agar kapal dapat tiba di pelabuhan tujuan tepat waktu sebelum Lebaran.

Pihaknya juga akan melakukan kegiatan posko dan monitoring di pelabuhan bersama dengan Pelindo, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP), TNI, dan Polri.

Untuk mempermudah penumpang dalam bertransaksi, PT Pelni telah memberikan kemudahan pembelian tiket secara online. Penumpang dapat memesan tiket melalui contact center, minimarket, website, channel online, dan mobile apps yang tersedia.

PT Pelni sendiri menyiapkan rancangan untuk mudik Lebaran sejak 17 April 2022 hingga 18 Mei 2022, atau sejak H-15 hingga H+15 Lebaran 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pelni #Sediakan #Kursi #Selama #Angkutan #Lebaran #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts