Tips dan Trik 7 Contoh Soal Psikotes Kerja

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Psikotes adalah salah satu tahap seleksi kerja yang kerap diterapkan oleh perusahaan swasta dan negeri, kementerian, hingga TNI Polri. Apa saja contoh soal psikotes kerja?

Contoh soal psikotes adalah rangkaian pertanyaan tes tertulis baik secara visual maupun verbal yang dilakukan oleh psikolog untuk bisa mengetahui karakter calon pegawai yang melamar kerja.

Cara mengerjakan contoh soal psikotes kerja saat ini juga bisa dilakukan secara offline maupun online. Namun tes psikotes online tetap tidak mengurangi tujuan dari tes psikotes kerja ini karena peserta tidak akan bisa mencurangi tes piskotes online ini.

Pasalnya, yang dilihat dari contoh soal psikotes kerja ini adalah konsistensi calon pegawai saat menjawab soal psikotes kerja.

Namun perlu diingat, dalam mengerjakan contoh soal psikotes kerja tidak ada benar atau salah tapi hanya cocok atau tidaknya seorang karyawan untuk bekerja dengan kebutuhan perusahaan dan pekerjaan yang dilamar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, fungsi tes psikotes adalah memang untuk mengukur psikis dan karakter seseorang bukan kemampuan akademisnya. Jadi pastikan untuk memahami soal psikotes dengan baik sebelum mengerjakannya.

Umumnya ada tujuh contoh soal psikotes kerja yang diberikan saat seleksi melamar kerja. Setiap jenis contoh soal psikotes kerja memiliki instruksi pengerjaan dan durasi mengerjakan masing-masing.

Supaya persiapan lebih matang untuk mengerjakan tes psikotes, ada baiknya mempelajari dulu jenis psikotes di bawah ini. Sekaligus tips dalam menjawab tiap contoh soal psikotes kerja dilansir dari Gramedia Blog:

Buku Pedoman Resmi Seleksi Tes CPNS oleh Tim Bintang Psikologi Contoh soal psikotes kerja kemampuan verbal. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja,

1. Soal psikotes kemampuan verbal

Psikotes kemampuan verbal bertujuan mengetahui kemampuan dalam menghadapi situasi tertentu. Contoh soal psikotes kerja ini juga bisa melihat seberapa jauh calon pegawai menebak dan memahami sebab-akibat dari seuah permasalahan.

Soal psikotes kemampuan verbal ini berupa sinonim atau persamaan kata, antonim atau lawan kata, analogi, dan korelasi makna. Oleh karenanya, untuk menjawab psikotes adalah ini perlu mngetahui banyak kosakata dan artinya.

Umumnya psikotes verbal terdiri dari 40 soal campuran berisi antonim, sinonim, dan analog dari suatu kata. Untuk mengerjakan tes psikotes adalah ini, harus bisa memainkan logika dan berkonsentrasi tinggi agar bisa mengerjakannya dengan baik.

Dalam jenis contoh soal psikotes kerja verbal ini, bisa dikerjakan dari soal yang paling mudah terlebih dahulu. Dengan demikian, bisa mengerjakan lebih banyak soal dengan benar.

Contoh soal psikotes kerja wartegg. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.Tangkapan layar Gramedia Blog. Contoh soal psikotes kerja wartegg. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.

2. Soal psikotes wartegg

Soal psikotes yang ditemukan psikolog Jerman, Ehrig Wartegg ini berfungsi mengetahui karakter yang ada di dalam diri seseorang. Misalnya kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, dan kemauan dalam bekerja.

Contoh soal psikotes kerja wartegg ini berisi delapan kotak yang memiliki pola yang berbeda. Cara mengerjakannya, calon pegawai harus menggambar melanjutkan pola yang sudah ada di setiap kotak dan menulis urutan pengerjaan kotak.

Contoh soal psikotes kerja logika aritmatika. PSikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.Buku Pedoman Resmi Seleksi Tes CPNS oleh Tim Bintang Psikologi. Contoh soal psikotes kerja logika aritmatika. PSikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.

3. Soal psikotes logika aritmatika

Pada contoh soal psikotes kerja logika aritmatika, berupa deretan angka yang harus dipahami polanya. Kemudian, calon pegawai harus mencari tahu angka selanjutnya dengan benar.

Diperlukan konsentrasi yang tinggi untuk mengerjakan soal psikotes adalah ini. Sebeb, deret angka bisa dipecahkan dengan berbagai cara seperti pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, pecahan angka, dan persentase.

Trik untuk mengerjakan psikotes adalah melihat dengan cermat pola angkanya yang bisa berupa pengelompokan loncat, urutan, maupun pengelompokan secara berurutan. Ingat,  jangan terlalu terfokus pada beberapa angka yang ada di depan.

Dalam mengerjakancontoh soal psikotes kerja logika aritmatika, calon pegawai harus bisa membatasi waktu mengerjakan satu soal. Jangan terlalu fokus pada satu soal agar bisa mengerjakan soal lain yang lebih mudah.

Contoh soal psikotes kerja deret gambar. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.Tangkapan layar Gramedia Blog. Contoh soal psikotes kerja deret gambar. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.

4. Soal psikotes gambar atau logika deret gambar

Psikotes logika deret gambar ini memiliki konsep seperti tes logika aritmatika tapi di tes ini penggunaan media gambarnya dua atau tiga dimensi.

Cara mengerjakan tes psikotes gambar ini adalah berkonsentrasi agar dapat mengetahui pola gambarnya. Jangan lewatkan detail sekecil apapun seperti penempatan titik atau perputaran warna.

Umumnya, penguji psikotesa adalah akan memberikan instruksi pengerjaan soal sebanyak satu kali. Jadi sebisa mungkin mendengarkan dan memahami instruksi yang diberikan dengan baik.

Jenis psikotes gambar ini berguna untuk mengukur kemampuan daya tangkap calon pegawai dalam memahami dan melaksanakan perintah, menganalisa masalah, dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

Contoh soal psikotes kerja Kraeplien Pauli atau koran. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.Tangkapan Layar Gramedia Blog Contoh soal psikotes kerja Kraeplien Pauli atau koran. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.

5. Soal psikotes Kraeplien/Pauli atau koran

Nama psikotes adalah ini lebih populer disebut tes koran karena kertas tesnya lebar seperti kertas koran. Cara mengerjakan contoh soal psikotes kerja ini cukup sederhana karena hanya perlu menjumlahkan deret angka secara runtut dari atas ke bawah.

Namun, deret angka yang harus dijumlahkan ini sangat banyak sehingga membuat calon pekerja cukup kelelahan dan menguras konsentrasi. Pasalnya, tujuan dari tes ini untuk melihat kecepatan, konsistensi, dan ketelitian seseorang.

Oleh karenanya, saat menegerjakan contoh soal psikotes kerja usahakan jangan sampai salah menjumlahkan dan tetap konsisten pada deret mana angka yang berhasil dijumlahkan di setiap barisnya agar terlihat sama.

Cara mengerjakannya, jumlahkan tiap dua angka ke bawah dan tulis hasil penjumlahan di sebelah kanannya di tengah angka yang dijumlahkan. Angka hasil penjumlahan hanya ditulis angka yang belakangnya saja bila hasilnya dua digit seperti 18 hanya ditulis 8.

Terus jumlahkan angka sampai penguji menyuruh berhenti dan jumlahkan deret angka di baris berikutnya dan seterusnya sampai selesai.

Dalam mengerjakan contoh soal psikotes kerja ini, kuncinya adalah kerjakan dengan tempo sendiri. Maksudnya, jangan terpengaruh dengan cara mengerjakan orang lain karena bisa membuat panik dan tertekan.

Contoh soal psikotes kerja psikotes gambar, gambar pohon psikotes. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.freepik.com/brgfx Contoh soal psikotes kerja psikotes gambar, gambar pohon psikotes. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.

6. Soal psikotes gambar, gambar orang psikotes, atau gambar pohon psikotes

Pada psikotes gambar ini, penguji akan meminta untuk gambar pohon psikotes atau gambar orang psikotes di kertas kosong. Psikotes gambar tidak perlu bagus atau indah karena yang dinilai bukan hal itu.

Namun, dalam gambar pohon psikotes tidak diperkenankan menggambar pohon kelapa dan tumbuhan berukuran kecil. Gambar pohon psikotes yang dibuat harus pohon yang memiliki ranting.

Gambar orang psikotes juga tidak perlu sesempurna mungkin, tapi gambar orang psikotes dengan proporsional yaitu memiliki anggota tubuh yang lengkap dan komposisi wajah seimbang.

Psikotes gambar ini bertujuan mengetahui seberapa besar rasa percaya diri seseorang, stabilitas, dan tanggung jawab dalam bekerja.

 

Cara mengerjakan tes ini, gambar sesuatu yang sesuai kepribadian. Misalnya jika kamu seorang perempuan maka gambar orang psikotes manusia perempuan.

Contoh soal psikotes kerja EPPS. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.Tangkapan layar Gramedia Blog. Contoh soal psikotes kerja EPPS. Psikotes adalah salah satu tahapan seleksi kerja.

7. Soal psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes psikotes EPPS merupakan tes psikotes adalah yang paling mudah dikerjakan. Tujuan dari tes psikotes ini untuk mengetahui bagaimana kepribadian dan karakter seseorang secara detail.

Hal yang dinilai dari tes psikotes adalah ini konsistensi calon pegawai dalam menjawab contoh soal psikotes kerja yang diberikan. Usahakan jawab semua pertanyaan contoh soal psikotes kerja meskipun tidak sesuai dengan kepribadian kamu.

Dalam contoh soal psikotes kerja ini akan ada banyak pertanyaan yang diulang-ulang yang akan mendeteksi apakah calon pegawai menjawab soal dengan jujur dan konsisten atau tidak.

Selain itu, tes contoh soal psikotes kerja ini akan menyocokkan kepribadian calon pegawai dengan pekerjaan yang dilamar. Dengan demikian, tes contoh soal psikotes kerja juga digunakan untuk menilai sikap kerja calon pegawai nanti.

Demikian tujuh jenis contoh soal psikotes kerja yang beragam jenis dan cara pengerjaannya seperti psikotes gambar yang bisa berupa gambar orang psikotes dan gambar pohon psikotes. Diharapkan dapat memudahkan untuk menjawab soal psikotes adalah saat proses seleksi kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tips #dan #Trik #Contoh #Soal #Psikotes #Kerja #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts