Sebut Wisatawan Bakal Melonjak Saat Nataru, Sandiaga: Berwisatalah dengan Tanggung Jawab

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memprediksi pengunjung ke lokasi-lokasi wisata pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan melonjak 2 sampai 3 kali lipat.

Read More

“Rata-rata kunjugan bisa meningkat 2-3 kali lipat saat libur Nataru dengan pembatasan dan penyesuaian serta panduan bahwa pengelola pariwisata hanya bisa menampung 75 persen. Kita akan kerja sama dengan pengelola, petugas, pemerintah daerah, dan stakeholder untuk memastikan tidak terjadi kepadatan yang berpotensi memicu penularan Covid-19,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (13/12/2021).

Sandiaga mengatakan, pemerintah mengeluarkan Peraturan Khusus Nataru, bukan PPKM level 3. Peraturan ini menjadi sebagai upaya dalam penanganan Covid-19 terutama dengan adanya varian baru Omicron, dan bagaimana mengantisipasi lonjakan baru.

Sandiaga bilang, dalam aturan yang baru ini, tidak ada lagi pembatasan 50 persen. Yang ada menjadi 75 persen, baik perayaan tahun baru di pusat perbelanjaan, mall, pengunjung bioskop, serta tempat wisata lainnya.

“Bersama Presiden, kita akan menyesuaikan surat edaran yang memastikan, pelaksanaan Nataru ini disesuaikan dan dipatuhi oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif secara ketat dan disiplin. Serta, meningkatkan kesadaran penerapan aplikasi PeduliLindungi,” ujar dia.

Di sisi lain, aplikasi PeduliLindungi nyatanya juga masih mengalami kendala. Saat berkunjung ka salah satu mal, Sandiaga mendapati aplikasi PeduliLindungi sempat tak bisa diakses. Sementara masyarakat yang juga ada yang tidak patuh dalam menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi ini merupakan keterikatan masing-masing, baik dari pihak pengguna dan dari penyelenggara destinasi. Kesiapan dari petugas (minim) yang memastikan PeduliLindungi ini diimplementasikan dan diintegrasikan. Maka berwisatalah dengan penuh tanggung jawab, meski Omicron belum masuk ke Indonesia, kita harus tetap waspada,” tegas Sandiaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sebut #Wisatawan #Bakal #Melonjak #Saat #Nataru #Sandiaga #Berwisatalah #dengan #Tanggung #Jawab #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts