Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Contoh-contohnya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apa yang dimaksud kegiatan ekonomi?

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud, kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak ada yang dapat hidup sendiri.  

Tidak ada seorang pun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya. Manusia selalu membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, ada kerja sama antara orang yang satu dengan orang lainnya. 

Kerja sama itu saling melengkapi.  Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi bahan pangan. Ada yang membuat pakaian untuk dijual dan diperdagangkan, dan seterusnya.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas memenuhi kebutuhan

Bentuk kegiatan ekonomi adalah yang dilakukan manusia meliputi tiga kegiatan, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Orang atau pihak yang melakukan kegiatan ekonomi adalah pelaku ekonomi. Selanjutnya, pelaku kegiatan ekonomi terbagi menjadi lima, yaitu rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara. Di antara para pelaku tersebut, ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan distributor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa dikatakan bahwa kegiatan ekonomi adalah bukan hanya menyangkut tentang individu saja, tetapi menyangkut banyak hal termasuk menjaga roda perekonomian. 

Oleh sebab itu, sudah semestinya kalau orang-orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah harus saling menjaga supaya setiap anggota masyarakat bisa hidup semakin sejahtera.

Dok. Shopee Kegiatan ekonomi adalah aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, contoh kegiatan ekonomi adalah bekerja, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi?

1. Produksi

Produksi dalam kegiatan ekonomi adalah setiap kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai guna barang dan jasa. Contoh kegiatan ekonomi dalam produksi seperti menanam padi  (menghasilkan), mengambil  ikan dari laut  (menambah guna tempat), menjahit kain menjadi celana (menambah guna bentuk). 

Jadi, produksi dalam kegiatan ekonomi adalah mencakup dua hal, yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa serta Menambah guna barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Tujuan Produksi

Berikut ini adalah beberapa tujuan produksi, yaitu:

  • Memenuhi kebutuhan manusia.
  • Mencari keuntungan atau laba.
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
  • Meningkatkan mutu dan jumlah produksi.
  • Mengganti barang-barang yang aus dan rusak karena dipakai atau karena bencana alam

Faktor Produksi

  • Faktor produksi alam, yaitu faktor produksi yang disediakan oleh alam, meliputi tanah, kekayaan    hutan, kekayaan laut, air, iklim, dan lain-lain.
  • Faktor produksi tenaga kerja, yaitu faktor produksi yang berupa tenaga kerja manusia.
  • Faktor produksi modal, yaitu semua hasil produksi berupa benda yang diciptakan untuk menghasilkan barang atau jasa yang lain.
  • Faktor produksi kewirausahaan, yaitu kemampuan seseorang untuk mengelola suatu usaha

2. Distribusi

Distribusi dalam kegiatan ekonomi adalah suatu proses yang menunjukkan penyaluran barang yang di buat dari produsen kepada konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. 

Contoh kegiatan ekonomi distribusi adalah pedagang sate menjual dagangannya di pasar.

Tujuan Distribusi

  • Kelangsungan hidup kegiatan produksi terjamin
  • Barang atau jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen
  • Konsumen dapat mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah

3. Konsumsi

Konsumsi dalam kegiatan ekonomi adalah usaha manusia agar dapat memenuhi kebutuhan barang atau bahkan juga kebutuhan jasa. Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan manusia untuk menggunakan baik barang maupun jasa secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan. 

Orang yang menjalankan kegiatan konsumsi dikatakan sebagai konsumen. Misalnya membeli pakaian karena ingin menjaga tubuh, menjauhkan rasa malu, dan ingin memperoleh kepuasan.

Tujuan Konsumsi

  • Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap. 
  • Menghabiskan nilai guna barang sekaligus. 
  • Memuaskan kebutuhan secara fisik. 
  • Memuaskan kebutuhan rohani. 

Itulah penjelasan seputar apa yang dimaksud kegiatan ekonomi dan contoh kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. Apa yang dimaksud kegiatan ekonomi dan contoh kegiatan ekonomi?KOMPAS.COM/ Jaka HB Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi. Apa yang dimaksud kegiatan ekonomi dan contoh kegiatan ekonomi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kegiatan #Ekonomi #Pengertian #Jenis #Tujuan #dan #Contohcontohnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts