BNI Smart City Hadir di Surakarta, Apa Saja yang Ditawarkan?

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk menghadirkan program BNI Smart City di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Program ini mencakup smart government, smart healthcare, smart farming, smart education, smart UMKM, smart tourism, serta smart industrial estate.

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menyampaikan konsep Smart City menjadi salah satu pembahasan hangat dalam berbagai forum internasional seperti Forum G20 bidang digital yang telah berlangsung sejak Agustus 2021.

Menurut dia, konsep Smart City juga mulai dilirik investor. Hal ini terlihat dari keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengantongi komitmen investasi dari beberapa negara termasuk kesepakatan G42.

“Demi mendukung konsep Smart City ini, kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang terintegrasi dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan warga,” kata Adi melalui siaran pers, Sabtu (27/11/2021).

Solusi yang dapat BNI berikan bagi pemerintah daerah antara lain solusi pembayaran belanja daerah dengan BNI Direct, SP2D Online, dan Virtual Account Debit, solusi penerimaan Daerah dengan e-PBB, e-PDAM, e-Samsat, dan e-Retribusi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perseroan juga telah memiliki BNI market place untuk membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata dan produk UMKM, serta pemasaran secara online.

Ada juga penyediaan uang elektronik seperti BNI Tapcash dan LinkAja bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi nontunai.

BNI juga menyediakan berbagai solusi finansial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memudahkan membuka tabungan, transaksi keuangan melalui mobile banking, fasilitas kredit tanpa agunan (KTA), fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR), sampai dengan asuransi kesehatan.

Adi menuturkan, perseroan juga sangat mendukung pengembangan ekonomi daerah khususnya UMKM untuk menembus pasar ekspor.

BNI juga mendukung UMKM untuk go global melalui program BNI Xpora yang tersebar di 7 kota yakni di Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makasar serta digital portal Xpora.

“BNI juga didukung dengan 6 kantor cabang BNI luar negeri di New York, London, Tokyo, Hongkong, Seoul, dan Singapura, yang membantu perluasan pasar bagi UMKM, matchmaking business, dan bekerjasama dengan kedutaan setempat, mengajak UMKM ikut serta dalam event dan pameran di luar negeri,” papar Adi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#BNI #Smart #City #Hadir #Surakarta #Apa #Saja #yang #Ditawarkan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts