Kompasianival 2021 Kembali Diselenggarakan dengan Tema “Optimis Melangkah”

  • Whatsapp

Ajang kopi darat terbesar di Indonesia bagi para kreator konten dan komunitas kembali hadir. Kompasianival 2021 diselenggarakan pada Sabtu, 27 November 2021 secara virtual.

Read More

Acara ini terbuka gratis bagi semua orang. Cukup dengan mendaftar dan menikmati sajian acara melalui microsite kompasianival.kompasiana.com.

Kompasianival tahun ini akan dibuka oleh Gita Wirjawan sebagai Keynote Speaker. Lalu hadir pula secara virtual Founder Toko Wahab William Sunito yang akan membawakan sesi tentang digitalisasi sektor UMKM.

Ada pula Dokter & Content Creator dr. Decsa Medika Hertanto, SpPD yang akan berbagi tentang tren konsultasi digital dan fenomena edukasi melalui konten-konten kesehatan.

Sementara itu Maman Suherman dan Mice (kartunis) akan mengulas tentang literasi digital. Dan Financial Planner Aulia Akbar akan mengantar peserta workshop untuk cerdas finansial.

Dari unsur komunitas hadir pula Dewi Puspasari dari komunitas KOMiK dan Ivan Padak Demon dari Pijaru yang akan berdiskusi tentang kritik film dari sudut pandang sineas dan penikmat.

Semua narasumber tersebut akan menghiasi sesi Perspektif, Life Hack dan Community Lounge. Selain itu ada punya permainan untuk peserta Kompasiana di sesi Trivia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

COO Kompasiana, Nurulloh mengatakan Kompasianival tahun ini akan memberikan suguhan acara yang bukan hanya menarik, melainkan memberikan dampak dan manfaat yang luas.

“Objektif kami dalam tiap penyelenggaraan Kompasianival adalah memberikan suguhan konten acara yang tidak hanya menarik tapi juga memiliki dampak dan manfaat ke banyak orang terutama bagi Kompasianer dan netizen pada umumnya melalui interaksi yang terbangun di dalamnya,” katanya.

Tahun ini Kompasianival 2021 mengusung tema “Optimis Melangkah”. Ditakakan Nurulloh, melalui tema ini Kompasiana ingin membangun kembali optimisme di segala hal dalam melangkah masa mendatang, mengingat tingginya persaingan kerja, digitalisasi, kontestasi politik, isu kesehatan, dan tantangan-tantangan lainnya.

“Selama pandemi, seperti kita rasakan bersama, segalanya serba sulit, bukan hanya berdampak pada fisik semata tetapi mental tiap individu juga kena dampaknya. Sesuai dengan tema, melalui Kompasianival 2021 ini kami ingin membangun kembali optimisme di segala hal dalam melangkah masa mendatang. Kembali punya semangat dalam melakukan segala kegiatan,” ujarnya.

Nurulloh juga mengatakan harapannya supaya dapat menjadi referensi bagi siapapun.

“Digitalisasi di hampir seluruh sektor pertumbuhannya cukup agresif, namun fakta baik tersebut tidak diimbangi dengan literasi digital yang mumpuni sehingga kerap muncul masalah di sana-sini …

… Dalam menghadapi tantangan di masa mendatang peningkatan literasi digital sudah jadi keharusan. Di sinilah peran Kompasiana sebagai platfrom yang berisikan ragam ide dan gagasan untuk terus menciptakan konten-konten yang memiliki manfaat dan berdampak baik sehingga dapat menjadi referensi bagi siapapun untuk kebutuhan apapun. Dengan begitu, optimisme dalam melanggkah di masa mendatang dapat terbentuk,” jelas Nurulloh.

Tak ketinggalan yang paling dinanti adalah penghargaan yang selalu diberikan Kompasiana kepada Kompasianer berupa dengan konten paling konsisten dan berkualitas sepanjang tahun 2021.

Kompasiana Awards sendiri merupakan penghargaan kepada Kompasianer yang memiliki pencapaian tertentu pada tahun tersebut, dengan kategori Best In Citizen Journalism, Best In Opinion, Best In Fiction, Best In Specific Interest, dan Kompasianer of The Year.

Adapun Kompasianival sendiri merupakan ruang berinteraksi antara penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang kemudian berkembang menjadi pesta netizen dan blogger se-Indonesia dalam suasana karnival.

Kompasianival pertama kali diadakan pada 10 Desember 2011 dan pada tahun ini diselenggarakan untuk kali kesepuluh dengan perdana diselenggarakan secara virtual.

Sejumlah tokoh seperti Presiden RI Joko Widodo, Ivan Lanin, Arbain Rambey, Anies Baswedan, Rizal Ramli, hingga Joko Pinurbo pernah tampil dalam kegiatan ini. Kompasianival selalu mengusung tema keindonesiaan sebagai tajuk acara. (IBN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kompasianival #Kembali #Diselenggarakan #dengan #Tema #Optimis #Melangkah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts