[POPULER MONEY] Menkop Tanggapi Kasus Frozen Food | Kadin Protes Kebijakan Penumpang PesawatWajib PCR

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pemanggilan pelaku bisnis frozen food oleh polisi mendorong Menkop UKM Teten Masduki buka suara.

Teten meminta agar polisi mengutamakan pembinaan kepada pelaku usaha makanan beku itu. Berita tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (20/10/2021).

Sementara itu berita lain yang masuk terpopuler adalah soal kebijakan naik pesawat yang harus pakai PCR, yang belakangan ini diprotes Kadin. Berikut daftar berita terpopuler selengkapnya:

1. Pelaku UMKM “Frozen Food” Dipanggil Polisi, Menkop Minta Aparat Utamakan Pembinaan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki buka suara terkait kabar banyaknya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) frozen food yang dipanggil oleh pihak kepolisian.

Menkop UKM mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian mengenai permasalahan hukum yang dihadapi pelaku UMKM terkait izin edar usaha frozen food tersebut.

2. Naik Pesawat Kini Wajib Tes PCR, Antigen Tak Berlaku

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di berbagai daerah. Setiap daerah dikategorikan pada level 1-4 tergantung pada tingkat kasus penularan dan kematian.

Selain itu, pemerintah juga melakukan beberapa aturan pelonggaran. Namun untuk syarat perjalanan udara domestik justru diperketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan terbaru naik pesawat hanya diperbolehkan menggunakan tes PCR sebagai syarat penerbangan (syarat naik pesawat), bukan lagi Antigen, dan berlaku sepanjang dua pekan ke depan. Selengkapnya .

3. Antigen Tak Berlaku untuk Naik Pesawat, Kadin Minta Aturan Dicabut

Hasil tes Swab Antigen kini tak berlaku untuk syarat perjalanan naik pesawat. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Perhubungan keberatan dengan ketentuan ini.

Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Kadin Indonesia Denon Prawiraatmadja meminta agar pemerintah mencabut aturan tersebut.

Pasalnya, di sejumlah daerah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai turun, namun untuk syarat perjalanan udara domestik justru makin diperketat. Selengkapnya .

4. Catat, Tidak Semua “Frozen Food” Perlu Izin Edar BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) buka suara terkait polemik izin edar makanan beku (frozen food). Hal itu menyusul banyaknya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dipanggil polisi lantaran tak memiliki izin edar.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, tidak semua produk frozen food harus memiliki izin BPOM. Selengkapnya .

5. Kemenkop: Pemanggilan Pelaku UMKM “Frozen Food” oleh Polisi Timbulkan Keresahan

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menilai pemanggilan sejumlah pelaku UMKM frozen food oleh aparat kepolisian telah menimbulkan keresahan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam unggahan di akun Instagram resminya @tetenmasduki_, Selasa (19/10/2021).

Unggahan tersebut merupakan unggahan ulang dari akun Instagram resmi Kemenkop UKM, @kemenkopukm. Selengkapnya .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#POPULER #MONEY #Menkop #Tanggapi #Kasus #Frozen #Food #Kadin #Protes #Kebijakan #Penumpang #PesawatWajib #PCR

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts