KEK Gresik Ditargetkan Tarik Investasi Rp 220,1 Triliun dan Serap 199.818 Tenaga Kerja

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan KEK Gresik Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) mampu menyerap investasi besar ketika beroperasi penuh tahun 2036.

Tak tanggung-tanggung, target investasi yang dicanangkan mencapai 15,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 220,1 triliun. Investasi itu diharapkan mampu menyerap 199.818 tenaga kerja.

“Saat beroperasi penuh di tahun 2036, target investasi KEK Gresik adalah 15,5 miliar dollar AS dan tenaga kerja yang diserap adalah 199.818 orang dalam periode yang sama,” kata Airlangga dalam Kompas Talk, Kamis (16/9/2021).

Airlangga berharap, KEK Gresik yang baru saja diresmikan pemerintah menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di wilayahnya sekaligus turut membantu pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

KEK Gresik diharapkan menjadi tempat yang cocok untuk industri pengolahan dan industri elektronik, menyusul masuknya PT Freeport Indonesia (PTFI) selama 18 tahun ke depan dengan kategori periode sewa awal.

“Kawasan industri Gresik ini diharapkan industri pengolahan akan bekerja sebagai produk substitusi dari smelter yang dapat digunakan untuk industri pupuk. Kemudian dibangun ekspansi smelter metal, besi baja, serta tembaga,” ucap Airlangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang kata Airlangga, pembangunan KEK di berbagai wilayah bertujuan untuk mengakselerasi ekonomi lewat peningkatan ekspor dan pertumbuhan investasi serta penyerapan tenaga kerja. Dengan begitu, tingkat pengangguran yang sempat melonjak akibat pandemi Covid-19 bisa diperkecil.

Pemerintah sendiri telah menetapkan 19 KEK yang terdiri dari 11 KEK industri dan 8 KEK pariwisata. Di antara 19 KEK tersebut, 12 KEK telah beroperasi dan 7 KEK siap dioperasikan.

Keberadaan KEK telah mampu memfasilitasi kegiatan ekspor sebesar Rp 3,66 triliun pada semester I 2021 yang dikontribusi dari 166 pelaku usaha/investor yang telah berinvestasi di KEK. Lewat kegiatan ekspor tersebut, penciptaan lapangan kerja mencapai 26.741 orang.

“Realisasi investasi dan pembangunan kawasan di 19 KEK mencapai Rp 19,52 triliun dengan investasi pelaku usaha sebesar Rp 32,76 triliun,” pungkas Airlangga.

#KEK #Gresik #Ditargetkan #Tarik #Investasi #Triliun #dan #Serap #Tenaga #Kerja

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts