Luhut Tegaskan Positif Covid-19 Bukanlah Aib

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, bahwa terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah aib dan tak perlu ditutupi. Melainkan harus diungkapkan untuk segera mendapatkan pengobatan.

“Izinkan saya menyampaikan bahwa positif Covid-19 bukanlah aib yang harus ditutupi, mari cegah sedari dini. Supaya kita tentunya bisa saling menjaga dan terhindar dari pandemi ini,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8/2021).

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengatakan, pencegahan penularan lebih luas dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-9, perlu dilakukan sedini mungkin.

 

 

Oleh sebab itu, masyarakat yang positif Covid-19 diminta untuk melakukan isolasi terpusat ketimbang isolasi mandiri.

Ia menjelaskan, sejumlah wilayah saat ini masih mencatatkan kasus kematian akibat Covid-19 yang cukup tinggi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah meminta jajarannya secara khusus untuk segera dilakukan pengecekan dan intervensi di lapangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya diketahui, bahwa salah satu penyebab tingginya angka kematian adalah masih enggannya masyarakat untuk melakukan isolasi terpusat, sehingga terjadi perburukan ketika melakukan isolasi mandiri yang menyebabkan telatnya mereka dibawa ke fasilitas kesehatan.

“Untuk itu, lagi-lagi pemerintah terus menghimbau dan mengajak masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar dapat segera masuk ke dalam pusat-pusat isolasi yang telah disediakan jaminan obat-obatan, tenaga kesehatan, dan makanan,” kata Luhut.

Luhut menambahkan, pandemi Covid-19 telah membentuk semua pihak untuk memiliki kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi.

 

Menurutnya, pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah tanggung jawab bersama. Ia pun meminta, untuk semua pihak mendukung pula dengan doa agar pandemi Covid-19 bisa segera teratasi.

“Dengan kerendahan hati ini. Saya mengajak agar kita semua terus memanjatkan doa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan dan meridai seluruh langkah kita untuk terus berjuang keluar dari pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

#Luhut #Tegaskan #Positif #Covid19 #Bukanlah #Aib #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts