Apa yang Dimaksud dengan Akuntansi?

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Akuntansi berasal dari kata accounting yang dalam bahasa Indonesianya artinya adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan.

Read More

Akuntansi digunakan hampir di seluruh kegiatan bisnis untuk mengambil sebuah keputusan, sehingga disebut sebagai bahasa bisnis. Definisi akuntansi pun berbeda-beda menurut para ahli.

Lantas, apa yang dimaksud akuntasi menurut para ahli?

Definisi Akuntansi

Menurut Hantono dan Rahmi dalam buku Pengantar Akuntansi, akuntansi adalah suatu seni pencatatan, penggolongan, peringkasan dan pelaporan dengan cara yang baik dalam unit moneter atas transaksi-transaksi keuangan dan kejadian-kejadian lain sehubungan dengan keuangan perusahaan dan menafsirkan hasil-hasil pencatatan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan menurut American Institute of Certified Public Accountants, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisarian dengan beberapa cara tertentu.

Pencatatan diukur dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian umum yang bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil dan meringkas dengan cara ukuran fiskal.

Fungsi Akuntansi

Adapun fungsi utama akuntansi dalam sebuah perusahaan adalah untuk mengetahui informasi tentang keuangan yang ada diperusahaan tersebut.

Dari laporan akuntansi dapat melihat perubahan keuangan suatu perusahaan yang terjadi di perusahaan, baik itu rugi ataupun untung.

Berikut rincian fungsi akuntansi:

Akuntansi menjadi sebuah rekaman laporan yang mencatat atau merekam transaksi secara sistemasis dan kronologis.

  • Menjaga dan Melindungi Properti

Akuntansi untuk menghitung jumlah realitas dari penyusutan aset yang dimiliki secara real.

Akuntansi berfungsi untuk merancang dan mengembangkan sistem seperti menjaga catatan dan pelaporan hasil yang nantinya akan selalu memenuhi persyaratan hukum.

Akuntansi sebagai klasifikasi yang berhubungan dengan analisis secara tersistematis dari data yang sudah tercatat.

Penyajian data rahasia dengan cara yang dimengerti dan berguna untuk internal maupun eksternal dari laporan akuntansi. Proses ini fokus pada pelaporan neraca saldo, laporan laba rugi, dan neraca.

Jenis Bidang Akuntansi

Bidang akuntansi yang menyangkut pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala sebagai sumber infomrasi untuk manajemen, pemilik perusahaan, dan kreditor.

Akuntansi yang menyangkut pemeriksaan laporan keuangan, apakah laporan yang dibuat jujur dan benar atau tidak.

Akuntansi yang menyangkut pelaporan pajak dari keuangan perusahaan. Akuntansi perpajakan penting sebagai pertimbangan terkait konsekuensi dari transaksi perusahaan.

Akuntansi digunakan untuk mengendalikan budget dan anggaran perusahaan.

Akuntansi digunakan untuk membuat anggaran perusahaan tentang rencana penggunaan uang dalam periode tertentu.

#Apa #yang #Dimaksud #dengan #Akuntansi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts