Jalan Tol Milik BUMN Dilirik Investor Lokal dan Asing

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Investor lokal dan asing menyatakan minat untuk membeli ruas tol sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini dialami PT Waskita Toll Road dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Read More

Salah satu investor yang akan membenamkan investasi di proyek jalan tol ini adalah sovereign wealth fund (SWF) Tanah Air, yakni Indonesia Investment Authority (INA).

Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai divestasi ruas tol WTR ke SWF.

“Namun, sebagai informasi, ada beberapa investor lokal dan asing termasuk SWF yang menyampaikan minat terhadap ruas tol yang dimiliki Waskita,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (22/7/2021).

Namun sayang, pihaknya tidak memerinci ruas tol mana saja yang akan dijual dalam waktu dekat. Yang terang, Alex mengatakan, saat ini proses divestasinya masih berjalan.

Corporate Finance Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) Eka Setya Adrianto mengatakan, perkembangan terkini divestasi ruas tol ke SWF masih dalam tahap proses.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebenarnya, kami membuka diri untuk berbagai investor di mana INA salah satunya,” jelasnya kepada Kontan.co.id saat dihubungi terpisah.

Yang terang, pihak Jasa Marga telah menentukan bahwa ruas tol yang diutamakan akan didivestasi adalah yang kepemilikan Jasa Marga di atas 70 persen.

“Karena kami mau maintain porsi saham di atas 51 persen,” ujarnya.

Namun sayang, Eka enggan menyebutkan lebih rinci mengenai ruas tol mana saja yang berpotensi besar untuk didivestasi dalam waktu dekat. “Kami tidak mau terlalu spesifik menyebutkan ruasnya karena prinsipnya kami terbuka,” tegasnya. (Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Investor lokal dan asing melirik ruas tol milik BUMN

#Jalan #Tol #Milik #BUMN #Dilirik #Investor #Lokal #dan #Asing #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts