Mengenal Apa itu Ilmu Ekonomi dan Jenis-jenisnya

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehidupan manusia di dunia tak bisa sepenuhnya lepas dari kegiatan ekonomi. Sedangkan kegiatan ekonomi yang terjadi merupakan penerapan dari ilmu ekonomi.

Lantas, apa itu ilmu ekonomi?

Mengutip dari buku Kamus Lengkap Istilah Ekonomi (2020) karya Tim Panca Aksara, ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Sementara itu, menurut M Manullang ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran atau kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Sedangkan menurut Alfred Marshall Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia secara perorangan pun kolektif dan kaitannya dalam penggunaan barang-barang material.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah mengetahui pengertian dari ilmu ekonomi, ada baiknya kamu juga mengerti tentang jenis-jenis ilmu ekonomi.

Mengutip dari laman gramedia.com, ilmu ekonomi terbagi ke beberapa jenis. Berikut beberapa pembagian jenis ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui:

Ilmu ekonomi terapan merupakan bidang ilmu ekonomi yang mengaplikasikan teori dan prinsip ekonomi dalam situasi riil untuk memprediksi kemungkinan hasil yang berfokus pada pemanfaatan ilmu ekonomi secara praktis, khususnya bagi individu dalam pengambilan keputusan, kebijakan, pedoman, atau standar tertentu dengan tujuan mengatasi masalah yang terjadi.

Ilmu ekonomi ini biasanya menggunakan studi kasus dan statistic. Contohnya dalam lingkup perusahaan, ekonomi moneter, dan perbankan.

Ilmu ekonomi deskriptif sebagai ilmu ekonomi yang menggambarkan bagaimana keadaan perekonomian di masyarakat saat itu. Ekonomi deskriptif sendiri memaparkan data-data dari beragam fakta serta fenomena yang terjadi. Ilmu ekonomi mengkaji berbagai gambaran, dan kondisi perekonomian.

Data yang terkumpul bersifat variatif dapat berupa angka, grafik, kurva, atau bentuk penyajian lainnya.

Di Indonesia ilmu ekonomi ini kemudian digunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) dalam memberikan gambaran mengenai kondisi ekonomi Indonesia baik secara makro maupun mikro. Penerapan ilmu ekonomi ini juga pernah digunakan ketika membedah krisis moneter yang terjadi di Indonesia tahun 1998 lalu.

Ilmu ekonomi makro merupakan ilmu ekonomi yang fokusnya kepada ragam kegiatan yang berhubungan langsung dengan ekonomi, tujuannya tentu saja mencapai sasaran makro yaitu menjaga stabilnya harga serta keseimbangan perdagangan internasional, ekonomi makro juga bertujuan mencapai full employment, memeratakan distribusi pendapatan, dan menjaga stabilitas dalam hal nilai tukar.

Hal-hal yang dikaji oleh ekonomi makro sendiri mulai dari angka pengangguran, upah, hingga kasus inflasi yang kemudian akan menyebabkan peningkatan harga pasar secara terus-menerus.

Ilmu ekonomi mikro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari hal-hal yang terbatas kepada suatu kegiatan ekonomi saja. Mencakup diantaranya harga dasar dan harga tertinggi yang perlu ditetapkan demi menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Sebab jika terjadi monopolistik pada pasar kemudian akan mempersempit peluang bisnis para pemain baru, sehingga semangat kewirausahaan masyarakat pun menurun.

Ilmu ekonomi publik memperkenalkan fungsi pemerintah dalam hal perekonomian. Contohnya mulai dari pajak, retribusi, anggaran pemerintah, hingga pada utang negara.

Ilmu ekonomi public biasanya didominasi oleh para pejabat pemerintahan serta pengamat ekonomi. sebab keterlibatannya secara langsung di dalamnya.

Ilmu ini turut membantu dalam penerapan kebijakan moneter suatu negara. Ilmu ini mempelajari sebuah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatur kestabilan keuangan suatu Negara.

Ilmu Ekonomi Moneter juga mempelajari tentang uang, perbankan, serta berbagai lembaga keuangan lainnya. Aspek yang dipelajari mulai dari inflasi, jumlah uang yang beredar, dan tingkat suku bunga bank.

  • Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia

Ilmu ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM) Merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari tentang faktor produksi tenaga kerja, mulai dari kesempatan kerja, kualitas tenaga kerja, dan penentuan upah.

Ruang lingkupnya mulai dari dinamika kependudukan, ketenagakerjaan, struktur ketenagakerjaan, sektor informal-formal, transisi kependudukan, mobilitas dan migrasi penduduk, permintaan dan penawaran tenaga kerja, pekerja anak, perencanaan tenaga kerja serta penduduk dan pembangunan ekonomi.

#Mengenal #Apa #itu #Ilmu #Ekonomi #dan #Jenisjenisnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts