[KURASI KOMPASIANA] Bumbu Nusantara yang Jarang Diketahui | Bisbul, Buah Mentega yang Enak | Tanaman Tumpang Sari di Sela-sela Pohon Cengkeh

  • Whatsapp

KOMPASIANA—Indonesia tak hanya dianugerahi oleh keindahan alam yang membentang luas dari Sabang hingga Merauke, namun juga kaya akan keberagaman flora dan fauna, termasuk rempah-rempah.

Read More

Di masa lampau, rempah-rempah bahkan jadi daya tarik utama para pedagang dan penjajah.

Beragamnya jenis rempah-rempah juga jadi alasan mengapa masakan Indonesia kaya akan rasa.

Selain rempah-rempah, berbagai jenis daun dan buah juga turut memperkaya khasanah kuliner lokal.

Melalui 4 konten rekomendasi berikut mari berkenalan dengan berbagai jenis rempah-rempah dan buah lokal yang mungkin di antaranya belum pernah diketahui:

1. Berdemokrasi Bersama 4 Bumbu Nusantara yang Jarang Diketahui

Bukan masakan Indonesia namanya kalau tidak menggunakan bumbu dapur yang sangat kompleks.

Meski bumbu dalam masakan Indonesia dipengaruhi oleh rempah-rempah yang kompleks, cita rasa masakan juga datang dari bahan lainnya.

Pernah dengar honje atau daun mekai?

Keduanya merupakan bumbu khas yang biasa hadir dalam sajian masakan Jambi dan Dayak Kalimantan.

Selain honje dan daun mekai, Kompasianer Thomas Panji dalam artikelnya juga memperkenalkan bumbu khas kuliner dari NTT dan Sulawesi yang beberapa di antaranya mungkin bisa diolah menjadi hidangan bagi keluarga. (Baca selengkapnya)

2. Menanam Pohon Sukun di Depan Rumah Ternyata Bermanfaat, Loh!

Pohon sukun mungkin kurang familiar dibandingkan dengan pohon-pohon lainnya seperti mangga atau pisang.

Sukun yang termasuk dalam jenis tanaman yang tidak memiliki biji sebenarnya bisa dikembangabiakan menggunakan beberapa cara, seperti cangkok, stek batang, tunas akar, dan lain-lain.

Kompasiner Firda Fatimah berbagi pengalamannya menanam pohon sukun. Awal ketertarikannya menanam sukun adalah karena ingin membuat halaman rumah menjadi sejuk dan rindang.

Namun, ternyata manfaat pohon sukun tidak hanya itu saja. Pada saat panen tiba, buah sukun bisa jadi bahan olahan membuat camilan seperti kripik.

Bahkan daunnya juga bisa digunakan menjadi minuman kesehatan untuk membantu mengobati penyakit asam urat. (Baca selengkapnya)

3. Bisbul, Buah Mentega yang Enak sebagai Isian Pie

Selain berjuluk Kota Hujan, Bogor menyimpan buah-buahan unik, salah satunya adalah bisbul.

Bisbul tergolong buah yang masih berkerabat dengan kesemek. Buah yang berwarna ungu, berkulit seperti beludru, dan berukuran sebesar bola baseball ini ternyata dapat diolah menjadi aneka hidangan.

Kompasianer Budi Susilo berbagi resep pai dengan isian bisbul dan dibuat hanya dengan menggunakan teflon.

Cocok sebagai kudapan untuk menemani waktu minum teh atau kopi saat santai di rumah. (Baca Selengkapnya)

4. Tanaman Tumpang Sari yang Bisa Ditanam di Sela-sela Pohon Cengkeh

Harga cengkeh yang tidak menentu, membuat para petani diharuskan putar otak mencari cara agar bisa bertahan dan tetap memiliki penghasilan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat ini adalah memulai kebiasaan baru dengan tanaman tumpang sari di sela-sela pohon cengkeh.

Ada 4 jenis tanaman yang menurut Kompasianer Guido bisa ditanam di sela-sela pohon cengkeh. Mulai dari porang sampai sereh. (Baca Selengkapnya)

***

Ingin coba menanam juga di rumah? Silakan simak konten-konten di Kompasiana dengan label: Merawat Tanaman Hias. (NDY)

#KURASI #KOMPASIANA #Bumbu #Nusantara #yang #Jarang #Diketahui #Bisbul #Buah #Mentega #yang #Enak #Tanaman #Tumpang #Sari #Selasela #Pohon #Cengkeh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts