Kartu ATM BCA Lama Bakal Diblokir, Begini Cara Mengganti dengan yang Chip

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk mengimbau nasabah untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM chip sebelum berakhirnya batas waktu yang ditentukan.

Read More

Berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia (BI), batas akhir penggunaan kartu debet ATM berbasis magnetic stripe berakhir pada tahun 2021. Artinya, Paspor BCA lama sudah tidak dapat lagi digunakan efektif tanggal 1 Januari 2022.

“Perseroan terus berupaya untuk mendorong nasabah dalam mengimplementasikan chip pada kartu debit BCA untuk meminimalisir tindak kejahatan dalam bertransaksi perbankan,” kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn kepada Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Adapun hingga Desember 2020, jumlah Kartu Debit BCA tercatat sekitar 22,5 juta. Sekitar 80 persen atau 18,5 juta kartu debit sudah menggunakan chip.

Perseroan berharap penggantian kartu ATM akan mendapat hasil yang maksimal tahun ini. Caranya dengan mengintensifkan edukasi dan mempermudah serta memperluas akses untuk penukarannya, disamping adanya promosi untuk mendorong konversi tersebut.

“Dapat kami sampaikan juga bahwa semua mesin ATM dan EDC BCA sudah mampu membaca kartu ATM chip,” ujar Hera.

Lalu, bagaimana cara menggantinya?

Hera berujar, nasabah bisa menukar kartu ATM berbasis magnetic stripes menjadi chip di kantor cabang terdekat maupun mesin CS digital.

Kamu juga perlu menyiapkan KTP dan Paspor BCA lama yang ingin ditukar. Kartu berbasis chip ini mampu mengurangi risiko kejahatan seperti skimming.

Pasalnya kartu magnetic stripes secara teknologi akan lebih mudah disalin ketimbang kartu chip.

“Untuk melakukan pertukaran kartu, nasabah dapat melakukannya di hampir 900 mesin CS Digital BCA yang tersebar di seluruh Indonesia ataupun di kantor cabang BCA,” ucap Hera.

#Kartu #ATM #BCA #Lama #Bakal #Diblokir #Begini #Cara #Mengganti #dengan #yang #Chip #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts