[POPULER MONEY] BTN Potong Cicilan KPR hingga 80 Persen | KKP Ingin Harta Karun Bawah Laut Dikelola Negara

  • Whatsapp

1. Cerita Nasabah BTN yang Dapat Potongan Cicilan KPR, Ada yang Sampai 80 Persen

Debitur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menerima perubahan cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Debitur-debitur dengan rumah di bawah tipe 70 mendapat penurunan cicilan pada bulan ini.

Penurunan cicilan bervariasi sesuai angsuran yang dibayar nasabah.

Warga asal Cilegon, Utami Darajat misalnya, mendapat penurunan lebih dari 50 persen. Bulan ini, Utami hanya membayar cicilan Rp 600.000 dari yang sebelumnya Rp 3 juta. Dia mengaku senang lantaran terbantu di tengah pandemi Covid-19.

Dana yang dialokasikan untuk membayar KPR bisa digunakan untuk keperluan mendesak lainnya. ya,” ucap Utami Darajat saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Baca selengkapnya di

2. Dari Mana Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris?

Kerajaan Inggris tengah jadi sorotan publik di berbagai negara. Ini setelah wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan pembawa acara Oprah Winfrey memicu kontroversi.

Sebagai informasi, Kerajaan Inggris merupakan salah satu monarki tua yang masih aktif di dunia hingga saat ini. Ratu Elizabeth II sendiri telah berkuasa selama 68 tahun lebih sejak 1952.

Selain sosok para anggota keluarga kerajaan, jumlah kekayaan Kerajaan Inggris juga kerap jadi perbincangan.

Setiap anggota keluarga Kerajaan Inggris memiliki net worth atau jumlah kekayaan bersih yang berbeda-beda. Dikutip dari laporan dari Forbes pada 2017, jumlah keseluruhan kekayaan kerajaan serta gabungan seluruh anggota keluarga kerajaan mencapai 88 miliar dollar AS atau Rp 1.266 triliun (kurs Rp 14.300).

Nah dari mana sumber kekayaan keluarga kerajaan Inggris itu? Baca di

3. Kala Luhut Bertitah Tangani Pelabuhan Mangkrak di Pantai Selatan DIY

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan turun tangan langsung terkait proyek Pelabuhan Perikanan (PP) Tanjung Adikarto di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelabuhan tersebut dibangun sejak 2004 silam, dan telah rampung pada 2014. Sejak dinyatakan selesai, pelabuhan ini tak pernah difungsikan, alias mangkrak.

Kini, Luhut sudah bertitah untuk menyelesaikan persoalan di kawasan tersebut.

Halitu ditegaskan Luhut ketika melakukan kunjungan ke breakwater pantai PP Tanjung Adikarto, Jumat (12/3/2021).

Selengkapnya simak di

4. Sepekan Modal Asing Rp 7,83 T Kabur dari RI, Cabai Rawit Terus Sumbang Inflasi

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing keluar Indonesia sebanyak Rp 7,83 triliun dalam sepekan ini. Kaburnya dana asing ini tercatat berdasarkan data transaksi 8-10 Maret 2021.

Dalam periode tersebut, data transaksi nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto Rp7,83 triliun. Mayoritas aliran dana keluar ini terjadi lantaran asing memilih menjual portofolio Surat Berharga Negara (SBN). Sisanya merupakan penjualan yang dilakukan di pasar saham.

“Jual neto di pasar SBN sebesar Rp 6,87 triliun dan jual neto di pasar saham sebesar Rp 0,96 triliun (Rp 960 miliar),” kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan resminya, dikutip pada Sabtu (13/3/2021).

Adapun berdasarkan data setelmen selama 2021 (ytd), nonresiden di pasar keuangan domestik jual neto tercatat sebesar Rp 5,89 triliun.

Simak selengkapnya di

5. Tak Sudi Diburu Asing, KKP Ingin Harta Karun Bawah Laut Dikelola Negara

Pemerintah kini mengizinkan pihak asing menggarap harta karun bawah laut alias Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Keputusan ini sontak menuai protes beberapa pihak lantaran harta karun bawah laut rentan dicuri dan dikomersialisasi ke luar negeri.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai kementerian teknis masih mendalami keputusan tersebut.

Sejatinya sang menteri, Sakti Wahyu Trenggono, ingin harta karun tak digarap oleh investor asing.

“Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono beranggapan sebaiknya negara yang melakukan riset, pengangkatan, dan pengelolaan BMKT tersebut,” kata Jubir Bicara Menteri KP Wahyu Muryadi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Apa yang dilakukan KKP? Simak di

#POPULER #MONEY #BTN #Potong #Cicilan #KPR #hingga #Persen #KKP #Ingin #Harta #Karun #Bawah #Laut #Dikelola #Negara #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts