BKN: 177 Peserta CPNS Positif Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyelesaikan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Selasa, 12 Oktober 2020.

Usai proses SKB, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengungkapkan, terdapat 177 peserta CPNS Formasi Tahun 2019 positif Covid-19.

“Ini yang kemudian difasilitasi kembali untuk bisa dijadwalkan ulang setelah mereka dinyatakan sudah negatif Covid-19,” ujarnya dalam media briefing virtual, Kamis (15/10/2020).

Berdasarkan surat BKN nomor K 26-30/V 148-3/99 tanggal 31 Agustus 2020, BKN meminta instansi pusat atau instansi daerah melaporkan kepada Kepala BKN terkait CPNS-nya yang telah terkonfirmasi positif Covid-19. BKN selanjutnya membuat jadwal ulang tes untuk peserta tersebut.

Sementara itu bagi peserta CPNS yang positif Covid-19 namun tidak menjalani isolasi, Panitia Seleksi Instansi melaporkan kepada Tim Pelaksana CAT BKN untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan.

Bila tim kesehatan merekomendasikan peserta dapat mengikuti seleksi, maka peserta mengikuti seleksi pada sesi yang bersangkutan di ruang khusus dan diawasi oleh petugas khusus.

Namun bila tim kesehatan merekomendasikan peserta tidak dapat mengikuti seleksi, maka dapat dijadwalkan di akhir seleksi di lokasi tempat peserta tersebut mengikuti seleksi atau lokasi BKN terdekat, dengan dibuatkan Surat Rekomendasi Kesehatan dan Berita Acara Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19.

“Kami meminta melakukan penjadwalan ulang dilakukan setelah 14 hari. Karena massa itu terjadi sekitar 14 hari. Kalau ternyata yang bersangkutan masih positif dan itu direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk bisa mengikuti seleksi, maka kami telah siapkan ruangan khusus,” kata Suharmen.

Ia juga menyebutkan ada 97 peserta CPNS dinyatakan reaktif dan 59 peserta memiliki suhu tubuh 37,3 derajat celcius. Bagi peserta-peserta kategori suhu 37,3 derajat celcius dan reaktif, lanjut dia, tetap diperbolehkan mengikuti SKB.

Pihak penyelenggara SKB sendiri telah menyiapkan ruangan khusus yang untuk peserta CPNS dua kategori itu.

“Ruangannya dipisahkan atau kami tempatkan di ruangan berbeda dengan peserta yang tidak terkonfirmasi reaktif hasil pemeriksaan,” ucapnya.

#BKN #Peserta #CPNS #Positif #Covid19

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts