Kostum Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Usung Filosofi Garuda

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Komite Olimpiade (NOC) Indonesia telah merilis kostum ofisial yang akan digunakan tim Merah Putih pada Asian Games 2022. 

Read More

Asian Games 2022, yang semula dijadwalkan berlangsung tahun lalu, kini akan segera digelar di Hangzhou, China, pada 23 September-8 Oktober 2023. 

Dalam rilis NOC Indonesia disebutkan, Garuda menjadi inspirasi utama dalam desain kostum Tim Indonesia untuk Asian Games 2022. 

Garuda yang merupakan wujud dari semangat keberanian. Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, pun berharap kostum ini dapat menumbuhkan semangat para atlet. 

“Mudah-mudahan ini akan memberikan semangat baru untuk semua Tim Indonesia,” katanya usai peluncuran kostum di Kantor NOC Indonesia, Jakarta, Sabtu (9/9/2023) yang turut dihadiri Kompas.com. 

“Harapannya semangat ini juga akan membawa lebih banyak emas lagi dari semua multievent yang akan kami hadapi pada hari-hari ke depan,” tutur pria yang akrab disapa Okto ini. 

Sementara itu, terdapat tiga elemen yang melengkapi desain jersey Tim Indonesia untuk Asian Games 2022, yakni corak garuda, palet warna, dan logo Tim Indonesia. 

Corak atau pattern garuda yang tergambarkan mulai dari kepala hingga kepak sayap mencerminkan kemenangan perlambang kemampuan untuk mengatasi tantangan dan mencapai puncak prestasi tertinggi olahraga Indonesia.

Arsiran garis turut merefleksikan penerbangan yang anggun serta energi yang ada dalam diri para atlet Tim Indonesia. 

Sementara itu, palet warna yang mempercantik desain ini adalah merah, putih, hitam, dengan sentuhan emas. 

Merah dan putih melambangkan bendera Indonesia sekaligus keberanian dan semangat persatuan dalam kemajemukan. Sementara itu, hitam menjadi simbil kematangan, elegansi, serta kebanggaan atas Indonesia. 

Sentuhan emas menegaskan komitmen pada keunggulan dan kemenangan untuk meraih prestasi tertinggi. Adapun logo Tim Indonesia adalah makna dari simbol negara. 

Tim Indonesia ingin menampilkan bahwa burung garuda merupakan kebanggaan atlet-atlet Indonesia. Ring Olimpiade di bawah garuda menunjukkan Tim Indonesia akan selalu mengedepankan nilai-nilai Olimpiade, yakni respect, friendship, serta excellence dalam meraih kemenangan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kostum #Tim #Indonesia #untuk #Asian #Games #Usung #Filosofi #Garuda

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts