Prediksi Final Piala Dunia dan Pilihan Pemain Terbaik Dua Pandit Tanah Air

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Dua pandit senior Tanah Air, Dwi Widijatmiko dan Sapto Haryo Rajasa, mempunyai pandangan berbeda terkait final Piala Dunia 2022 yang akan mempertemukan timnas Argentina dan timnas Perancis.

Read More

Laga final Piala Dunia Qatar 2022 Argentina vs Perancis akan bergulir di Stadion Lusail, Doha, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Duel final akan mempertemukan dua tim yang tiga pertemuan terakhirnya di turnamen hanya terpisahkan masing-masing oleh margin satu gol.

Duel ini juga mempertemukan dua negara yang akan mencari bintang ketiga mereka di Piala Dunia.

Perancis juara pada edisi 1998 dan 2018 sementara Argentina pada 1978 dan 1986.

Menurut Sapto Haryo Rajasa, Lionel Messi dan Argentina seharusnya punya cukup untuk mengangkat trofi usai laga nanti.

“Banyak orang melihat laga ini dari sisi nostalgia, panggung terakhir Messi,” tuturnya di platform media sosial Helo.

“Namun, saya lebih melihat ke sisi teknis di mana Argentina masuk ke turnamen sebagai tim yang 36 kali tanpa kalah.”

DOK PRIBADI Pengamat sepak bola Sapto Haryo Rajasa memprediksi timnas Argentina yang akan keluar sebagai juara Piala Dunia 2022.

“Mereka bukan tim sembarangan. Ini tim yang digembleng Lionel Scaloni untuk siap di Piala Dunia,” lanjut pria yang juga pernah meliput Euro 2008 dan Euro 2012 bagi Tabloid BOLA ini.

 

“Kekalahan melawan Arab Saudi jadi blessing in disguise. Dia bisa mengatur para pemain di starting eleven, pre game dia bagus dan in game strategi juga.”

“Dia bisa mengubah sistem di tengah laga. Komposisi bisa berganti sesuai lawan dihadapi. Tim ini bisa bermain kolektif unit.”

Terlebih, pria peliput Piala Dunia 2014 tersebut melihat satu tim Albiceleste punya misi untuk menghadirkan gelar juara bagi sang kapten Lionel Messi.

“Semuanya mau mendorong Messi jadi juara. Grafis mereka semakin naik,” ujarnya.

“Bagi saya, Argentina akan menang dengan skor tipis beda satu gol.”

Namun, Dwi Widijatmiko berkata lain. Dia menjagokan Perancis untuk mempertahankan gelar Piala Dunia mereka.

“Pengalaman Perancis bisa membawa mereka jadi juara,” tuturnya. “Mereka pernah jadi juara pada 2018 dan sekarang mereka sudah sangat siap dengan pengalaman.”

“Terlalu banyak kualitas di semua lini Perancis. Kalau diduelkan satu lawan satu, per posisi per lini. Perancis masih punya terlalu banyak kualitas.”

Pengamat sepak bola Dwi Widijatmiko menjagokan Perancis juara Piala Dunia 2022.DOK PRIBADI Pengamat sepak bola Dwi Widijatmiko menjagokan Perancis juara Piala Dunia 2022.

Bagi pria peliput Piala Dunia 2006 dan 2010 juga bagi Tabloid BOLA ini, senjata utama Perancis adalah Kylian Mbappe yang on fire.

“Bahkan, kalau dia tidak berkontribusi gol/assist, pertahanan lawan akan tertarik untuk menjaga dia sehingga membuka peluang bagi pemain-pemain lain mencetak gol,” tutur Dwi.

“Dengan dominasi yang mereka perlihatkan di Piala Dunia sejak 1998, Perancis siap jadi back to back juara.”

“Skor¬†2-1 Perancis juara.”

Perdebatan Pemain Terbaik Piala Dunia 2022

Tak hanya itu, keduanya pun menjagokan para pemain dari tim pemenang yang akan meraup trofi Golden Ball alias Pemain Terbaik turnamen.

“Siapapun pemain yang timnya menang di final dan lebih condong ke Perancis yang menang,” ujar Dwi menambahkan.

“Artinya, Mbappe mungkin pemain terbaik bahkan juga jadi top skor. Dobel gelarnya.”

Sementara, Sapto tetap menjadikan Messi favorit untuk memenangi Golden Ball keduanya setelah gelar yang ia menangkan pada 2014 saat Argentina kalah di final dari Jerman.

“Kalau Argentina yang menang, menurut saya Messi,” tuturnya.

“Dia jelas tokoh paling sentral di ARgentina selalu dengan gol atau assistnya. Dia bisa gendong Argentina, jadi peran Messi besar sekali.”

“Bahkan dia bisa jadi top skor. Apalagi kalau melihat dirinya mengambil penalti bagi Argentina.”


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Prediksi #Final #Piala #Dunia #dan #Pilihan #Pemain #Terbaik #Dua #Pandit #Tanah #Air #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts