Piala Presiden Esports 2022 Siap Digelar, Total Hadiah Rp 1,8 Miliar

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Piala Presiden 2022 akan mulai bergulir pada 10 Agustus mendatang dengan total hadiah Rp 1,8 miliar. 

Read More

Ajang tahun ini akan menjadi pergelaran keempat secara berturut-turut setelah pertama kali diluncurkan pada 2019.

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengatakan, konsistensi penyelenggaraan ajang ini membuktikan bahwa talenta-talenta esports Indonesia siap untuk berkompetisi dan meraih prestasi lebih tinggi lagi di panggung dunia.

“Potensi Indonesia baik dari ekosistem, industri, maupun pemain sudah banyak dilirik pegiat esports baik di kawasan regional maupun internasional,” kata Moeldoko dalam rilis yang diterima pada Kamis (4/8/2022).

“Pemerintah mendukung penuh perhelatan Piala Presiden Esports 2022 yang akan segera bergulir, sebagai ajang mencari, mengasah, dan mendorong talenta lokal untuk bersaing di panggung dunia,” imbuhnya.

“Harapannya, Indonesia bisa mendominasi kancah esports dunia dengan segudang prestasi,” ungkap Moeldoko.

Piala Presiden Esports tahun ini mengusung tema “Beyonderfull” yang diharapkan bisa menyedot 150 ribu atlet peserta.

Adapun game yang dipertandingkan ada enam, yakni Lokapala, Battle of Satria Dewa, Mobile Legends, PUBGM, Free Fire, dan satu game lokal dari sistem submission.

Nantinya, para atlet dan tim akan memprebutkan hadiah total 1,8 miliar, trofi juara, dan kesempatan untuk menapaki jenjang kompetisi bertaraf internasional. 

“Dari tahun ke tahun pelaksanaan Piala Presiden Esports, kami semakin yakin bahwa dengan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders,” kata Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo.

“Indonesia mampu menghelat turnamen esports bergengsi kelas dunia. PPE 2022 adalah persembahan esports untuk negeri, merayakan bagaimana bibit-bibit muda berkompetisi untuk jadi yang terbaik mengharumkan Tanah Air,” imbuhnya.

“Harapannya, Piala Presiden Esports 2022 memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda di kancah esports,” jelas Rangga.

Piala Presiden Esports 2022 dimulai dari babak kualifikasi yang terbagi menjadi dua, yakni regional timur dan regional barat.

Akan ada juga kualifikasi terbuka untuk semua provinsi sekaligus memberikan kesempatan kedua untuk tim yang belum berhasil di kualifikasi regional.

Rangkaian Piala Presiden 2022 dilanjutkan dengan kualifikasi tertutup untuk tim profesional yang diundang. 

Khusus untuk cabang game Mobile Legends, setelah kualifikasi tertutup, para tim yang terseleksi harus masuk ke penyisihan grup terlebih dahulu sebelum berlaga di main event Piala Presiden Esports 2022. 

Turnamen diselenggarakan secara hybrid, mengkombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Piala #Presiden #Esports #Siap #Digelar #Total #Hadiah #Miliar #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts