Sirkuit Lusail Direnovasi, GP Portugal Jadi Pembuka Musim MotoGP 2023

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Grand Prix (GP) Portugal yang dihelat di Sirkuit Algarve akan menjadi seri pembuka MotoGP 2023 menggantikan Qatar.

Read More

Hal itu dikarenakan Sirkuit Lusail, venue MotoGP Qatar sedang dalam tahap renovasi.

Sirkuit Lusail sendiri sudah menjadi tuan rumah untuk ajang MotoGP sejak 2004. Mulai tahun 2007, Qatar selalu menjadi seri pembuka tiap musimnya.

Namun, hal tersebut akan berbeda untuk musim depan. Sebab, Sirkuit Lusail Qatar harus menjalani renovasi besar-besaran dan hanya akan menggelar balapan ketika renovasi selesai.

“Kalender penuh sementara MotoGP 2023 akan dirilis oleh Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) pada waktunya, tetapi untuk seri pembuka sudah dapat dikonfirmasi,” demikian pernyataan resmi MotoGP seperti dilansir dari Antara News.

Dengan demikian, ini akan menjadi pertama kalinya MotoGP start dengan balapan di Eropa daratan sejak 2006.

Pada saat itu, MotoGP dibuka dengan balapan GP Spanyol yang dihelat di Sirkuit Jerez.

“GP Portugal 2023 akan menandai untuk pertama kalinya MotoGP dimulai lagi di Eropa sejak 2006, ini juga akan menjadi seri pembuka yang digelar di Eropa untuk ketiga kalinya setelah lebih dari tiga dekade.”

MotoGP Portugal akan berlangsung di Algarve International Circuit, Portimao, pada 24-26 Maret 2023.

Sebelum itu, Sirkuit Algarve juga menjadi tempat tes pramusim terakhir sebelum kejuaraan dimulai.

Adapun pada musim ini, Fabio Quartararo meraih kemenangan perdananya dalam balapan penuh drama di GP Portugal, April lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sirkuit #Lusail #Direnovasi #Portugal #Jadi #Pembuka #Musim #MotoGP #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts