Sepak Bola CP ASEAN Para Games: Indonesia Tekuk Thailand, Ulang Catatan Manis APG 2017

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tim putra sepak bola cerebral palsy (CP) Indonesia sukses mengalahkan Thailand dan mengulang catatan manis di final ASEAN Para Games (APG) Malaysia 2017.

Read More

Duel Indonesia vs Thailand kali ini tersaji pada laga pertama preliminary round ASEAN Para Games 2022.

Tim Merah Putih berhasil menang 3-2 atas Thailand dalam laga 2 x 30 menit yang digelar di Stadion UNS Surakarta Kampus Kentingan, Minggu (31/7/2022) pagi WIB.

Gol-gol Indonesia dicetak oleh M Iksan Tabrani (13′, 43′). Sementara, satu gol lainnya diceploskan Yahya Muhaimi (39′).¬†

Sedangkan, gol balasan Thailand dibukukan pemain pengganti Sukhitkun Bunsing (45′) dan Phonpipat Nampaksa (56′).

Indonesia vs Thailand

Pada babak pertama, tim Indonesia yang dibesut pelatih Anshar Ahmad lebih dominan. Sejak wasit Hee Chun Keet meniup peluit kick-off, tim Merah Putih berusaha terus menekan.

Beberapa peluang terbuka pun diperoleh. Pada menit keempat, striker M Iksan Tabrani yang lolos dari kawalan pemain belakang Thailand melepas tembakan, tapi upayanya bisa diamankan kiper Jettarin Wonghangmit.

Dia kembali mendapat peluang emas saat tinggal berhadapan dengan kiper pada menit kesembilan. Namun, sundulannya melebar.

Baru pada menit ke-13, Iksan yang mendapat umpan dari kapten tim Yahya Hernanda, menyodorkan bola datar hingga mengoyak jala Thailand.

Tak hanya menyerang di jantung pertahanan lawan. Tim merah putih juga sempat melakukan tembakan jarak jauh lewat Mahdianur dan Yahya Muhaimi, tapi percobaan keduanya membentur tiang gawang.

Seusai turun minum, tim tuan rumah meningkatkan serangan. Namun, tim Thailand yang diracik pelatih Bannawat Posrioun berusaha mengimbangi dengan menerapkan serangan-serangan balik.

Pada menit ke-34, penyerang Iksan kembali mendapat umpan matang dari Yahya Muhaimi. Namun, lagi-lagi bola tandukannya melenceng dari gawang.

Di sisi lain, kiper Amin Rosyid beberapa kali harus melakukan upaya penyelamatan dari tendangan-tendangan keras yang dilepaskan pemain-pemain Thailand.

Indonesia menambah gol menit pada menit ke-39. Yahya Muhaimi melepaskan tendangan datar terarah yang menggetarkan gawang lawan, setelah mendapat bola muntah dari kiper Jettarin.

Empat menit berikutnya, Merah Putih kembali menambah gol setelah sundulan Iksan sukses mendarat di jaring gawang. Dia mencetak gol usai mendapatkan servis bola mati dari Yahya Hernanda sehingga kedudukan menjadi 3-0.

Thailand berusaha keluar dari tekanan dan main lebih agresif. Pada menit ke-45, pemain pengganti, Sukhitkun Bunsing memperkecil ketertinggalan melalui sepakan bola datar yang tak mampu diantisipasi kiper Amin Rosyid setelah terjadi kemelut.

Pada menit ke-56, Phonpipat Nampaksa juga mencetak gol untuk Thailand. Gol berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia yang gagal menghadapi pressing ketat pemain rival.

Indonesia Ulangi Tinta Emas di Final APG 2017

Atas hasil ini, timnas sepak bola CP Indonesia juga sukses mengulangi tinta emas di final APG 2017.

Saat itu, tim Merah Putih berhasil menjuarai APG 2017 dengan menang telak 3-0 atas Thailand.

Terlepas dari hasil positif ini, pelatih timnas sepak bola CP Indonesia, Anshar Ahmad, tampak masih belum puas. Dia menilai anak asuhnya seharunya bisa mencetak lebih banyak gol

“Anak-anak bermain kurang tenang pada pertandingan perdana. Mestinya, kami bisa cetak gol lebih banyak jika mereka main lepas seperti saat latihan,” kata Anshar Ahmad, didampingi kapten tim Yahya Hernanda dan manajer tim dokter Ferry Kustono.

Menurutnya, perubahan klasifikasi disabilitas beberapa pemain yang terjadi pada tiga hari lalu juga berpengaruh pada komposisi pemainnya.

“Maka kemudian kami membuat strategi baru,” ucap Anshar menambahkan.

Sementara itu, pelatih Thailand, Bannawat Posrioun, memberikan pujian terhadap Indonesia yang dinilai lebih bagus dari APG 2017.

“Permainan Indonesia lebih bagus dibanding APG 2017 lalu. Pemain-pemain mereka kuat dan teknik bermainnya juga meningkat,” ujar Posrioun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sepak #Bola #ASEAN #Para #Games #Indonesia #Tekuk #Thailand #Ulang #Catatan #Manis #APG #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts