Piala AFF Wanita 2022, Ladang Timnas Putri Indonesia untuk Menimba Pengalaman

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áPiala AFF Wanita 2022 bakal menjadi ladang bagi timnas putri Indonesia untuk menimba pengalaman di ajang kompetititf.

Read More

Timnas putri Indonesia adalah salah satu peserta Piala AFF Wanita 2022, yang akan digelar di Filipina pada 4-17 Juli.

Garuda Pertiwi tergabung di Grup A yang berisi lawan-lawan tangguh, seperti Australia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Perjuangan timnas putri Indonesia di Piala AFF Wanita 2022 akan dimulai pada Senin (4/7/2022).

Mereka akan menghadapi timnas putri Thailand di City of Imus Grandstand dengan jadwal kick-off pukul 18.00 WIB.

Pelatih timnas putri Indonesia Rudy Eka Priyambada tidak berekspektasi lebih untuk laga kontra Thailand dan Piala AFF Wanita secara keseluruhan.

Sebab, tim yang dibawa Rudy Eka ke turnamen ini berisikan pemain-pemain muda yang masih minim jam terbang.

Oleh sebab itu, Rudy Eka bakal menggunakan Piala AFF Wanita 2022 ini sebagai ajang untuk memberi pengalaman bagi para pemain timnas putri Indonesia.

“Di tim ini rata-rata pemain junior. Kami di sini memberikan mereka waktu dan pengalaman internasional,” kata Rudy Eka, dikutip dari PSSI.

“Jam terbang internasional mereka dalam laga uji coba atau friendly masih sangat minim. Turnamen ini juga sebagai persiapan untuk kejuaraan di Palembang (Piala AFF Wanita U18) saat menjadi tuan rumah,” imbuhnya.

“Saya berkekspektasi anak-anak bisa memahami turnamen AFF dan juga kami memberikan waktu bermain bagi mereka di ajang internasional,” ucap Rudy.

Sehari menjelang pertandingan kontra Thailand, timnas putri Indonesia melakukan persiapan dengan menggelar menjalani latihan.

Materi yang diberikan dalam latihan Rudy Eka kali ini komplet, mulai dari set piece sampai pemahaman permainan bertahan dan menyerang.

“Tadi pemahaman materi set piece dan juga bagaimana cara bertahan karena Thailand kita ketahui adalah tim yang sangat baik,” ucap Rudy.

“Kemudian, pemahaman transisi dari bertahan ke menyerang yang selama ini menjadi kendala karena kami sering terburu-buru sehingga kehilangan bola dan akhirnya harus bertahan lagi,” imbuhnya.

Soal pertandingan melawan Thailand, Rudy Eka berharap timnas putri Indonesia mewaspadai semua lini calon lawan mereka.

Sebab, timnas putri Thailand, menurut Rudy Eka, adalah tim yang sangat kuat.

“Pada pertemuan sebelumnya, kami kalah 0-4 dari Thailand (di Piala Asia Wanita 2022). Kami juga harus mewaspadai karena Thailand adalah peraih emas SEA Games,” ucap Rudy.

“Kami mengantisipasi semua lini karena Thailand sangat superior di Asia Tenggara. Semua lini harus kami antisipasi,” tutur Rudy mengakhiri.

Timnas putri Indonesia sudah tiba di Filipina sejak Sabtu (2/3/2022) dini hari waktu setempat. Pelatih Rudy Eka memboyong 23 pemain untuk mengikuti Piala AFF Wanita 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Piala #AFF #Wanita #Ladang #Timnas #Putri #Indonesia #untuk #Menimba #Pengalaman #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts