Pelatih Bali United Dukung Marquee Player Kembali ke Liga 1

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Marquee player berpeluang kembali hadir pada Liga 1 2022-23. Peluang itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, beberapa waktu lalu.

Read More

Orang nomor satu di PSSI tersebut mengatakan, marquee player bisa kembali meramaikan Liga 1 jika ada kesepakatan bersama antara klub-klub Liga 1 pada saat kongres.

Mochamad Iriawan mengungkapkan, wacana marquee player ini akan masuk dalam pembahasan kongres dan manager meeting persiapan musim 2022-2023.

Kabar tersebut ditanggapi positif pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

Menurut pelatih yang sudah tiga kali juara Liga 1 Indonesia, kehadiran Marquee player tidak hanya sekadar menjadi pemeriah kompetisi, tetapi juga menambah value kompetisi Indonesia.

Dengan demikian, ini bisa menjadi pancingan untuk peningkatan kualitas kompetisi yang lebih profesional dan lebih baik.

“Wacana itu bagus. Saat datang pemain asing yang berkualitas maka liga otomatis akan lebih bagus juga,” ujar pelatih yang biasa disapa Teco.

Selain itu, Stefano Cugurra merasa kehadiran marquee player akan membuat kompetisi semakin menarik, yang meningkatkan animo masyarakat dan suporter untuk menyaksikan sepak bola.

“(Selain itu) Kualitas pertandingan jadi lebih bagus,” ungkap mantan pelatih Persija jakarta.

“Suporter pasti lebih senang waktu nonton pertandingan,” pungkasnya.

SUCI RAHAYU/JUARA.net Striker Madura United, Peter Odemwingie, merayakan gol bersama rekannya, Greg Nwokolo, seusai mencetak gol ke gawang Persib Bandung dalam laga pekan 13 Liga 1 di Stadion Gelora Ratu Pamellingan, Jawa Timur, Minggu (09/07/2017) malam WIB.

Dengan tingginya animo masyarakat maka akan menyemarakkan industri sepak bola, yang otomatis muaranya kembali kepada peningkatan kualitas kompetisi.

Marque player sempat ramai digunakan pada Liga 1 2017. Berdasarkan manual Liga 1 2017 marquee player yang dimaksud adalah pemain asing yang terlibat dalam tiga edisi Piala Dunia terakhir.

Selain itu, mereka adalah pemain yang menghabiskan delapan tahun terakhir kariernya di Liga elite Eropa.

Liga-liga tersebut adalah Premier League Inggris, LaLiga Spanyol, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, Eredivisie Belanda, Ligue 1 Perancis, Super Lig Turki dan Liga Primer Portugal.

Namun, tidak semua klub diperbolehkan merekrut marquee player. Hanya tim yang bisa membuktikan mapan secara finansial.

Beberapa nama pemain bintang yang pernah mendarat dengan label marquee player adalah Peter Odemwingie, Mohamed Sissoko, Paulo Sergio, Bruno Lopes, Didier Zokora, hingga Michael Essien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pelatih #Bali #United #Dukung #Marquee #Player #Kembali #Liga #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts