Profil Muhammad Ridwan: Striker Jangkung Timnas U23, Opsi Lini Depan di SEA Games

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Striker jangkung Persik Kediri, Muhammad Ridwan, menjadi salah satu pemain yang mampu menarik perhatian Shin Tae-yong. Ridwan pun diberi kesempatan mengikuti pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Korea Selatan.

Read More

Nama Muhammad Ridwan masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) timnas U23 Indonesia jelang SEA Games 2021 di Vietnam.

Minus Ramai Rumakiek yang dicoret, Shin Tae-yong memanggil empat pemain depan untuk mengikuti TC timnas U23 yang diproyeksikan tampil di SEA Games 2021.

Salah satu pemain depan pilihan Shin Tae-yong adalah penyerang muda milik Persik Kediri, Muhammad Ridwan.

Selain Ridwan, pemain depan lain yang tersedia adalah dua penyerang sayap yakni Irfan Jaya dan Egy Maulana Vikri serta satu penyerang tengah yaitu Hanis Saghara.

Bersama kiper Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani, dan bek sayap Persija Jakarta, Rio Fahmi, Muhammad Ridwan pun menjadi debutan di skuad timnas U23.

Ridwan lantas ikut berangkat ke Korea Selatan, tempat Garuda Muda menjalani TC dalam persiapan menjelang SEA Games 2021.

Muhammad Ridwan ikut mencetak satu gol via tendangan penalti ketika timnas U23 menang 4-2 atas Andong Science College pada laga uji coba yang digelar Kamis (21/4/2022).

Perjalanan Karier Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan lahir di Kendal, Jawa Tengah, pada 13 Juni 2000. Ia merupakan jebolan Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan.

Di level junior, Ridwan sempat bermain untuk Persab Brebes.

Meski usianya kini baru 21 tahun, Muhammad Ridwan tercatat pernah memperkuat sejumlah klub tenar Tanah Air, mulai dari Sriwijaya FC, Persela Lamongan, hingga PSIS Semarang.

Tahun lalu, Ridwan pindah ke Persik Kediri setelah tak mendapatkan menit bermain yang cukup di PSIS.

Sempat diganggu cedera hamstring pada awal musim Liga 1 2021-2022, Muhammad Ridwan harus menunggu hingga pekan ke-12 untuk melakoni debut bersama Persik.

Ridwan mencetak gol pertama dan satu-satunya di kompetisi Liga 1 musim lalu ketika Macan Putih menang 2-0 atas Persita Tangerang pada pekan ke-16.

Total, Muhammad Ridwan mengoleksi sembilan penampilan bersama Persik Kediri di Liga 1 2021-2022.

Dengan postur tubuh mencapai 184 cm, Ridwan menjadi salah satu opsi menarik di lini depan timnas U23 Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Dari empat pemain ofensif yang dimiliki Shin Tae-yong di skuad Garuda Muda untuk SEA Games 2021 yang bakali dilangsungkan di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022 mendatang, Muhammad Ridwan adalah pemain dengan tubuh paling tinggi.

Biodata Muhammad Ridwan

Nama lengkap: Muhammad Ridwan
Tempat tanggal lahir: Kendal, 13 Juni 2000
Tinggi badan: 184 cm
Posisi: Penyerang tengah
Kaki terkuat: Kanan
Klub saat ini: Persik Kediri
Nomor punggung: 19
Karier klub junior:

  • 2015-2018 – Diklat Ragunan
  • 2016-2017 – Persab Brebes

Karier klub senior:

  • 2018 – Sriwijaya FC
  • 2019 – Persela Lamongan
  • 2020 – PSIS Semarang
  • 2021-sekarang – Persik Kediri

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Profil #Muhammad #Ridwan #Striker #Jangkung #Timnas #U23 #Opsi #Lini #Depan #SEA #Games #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts