Hari Kedua di Mandalika: Kemunculan Super Mario Aji hingga Drama Kualifikasi MotoGP

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Hari kedua gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia, Sabtu (19/3/2022), diwarnai dengan sejumlah kejadian menarik.

Read More

Mulai dari pebalap Indonesia yang mencetak sejarah sampai drama pada sesi kualifikasi MotoGP Mandalika yang melibatkan Marc Marquez.

Berikut Kompas.com rangkum tiga kejadian menarik pada hari kedua gelaran MotoGP Mandalika:

Mario Suryo Aji mengukir sejarah dengan menjadi pebalap Indonesia pertama yang akan start dari barisan terdepan balapan Grand Prix.

Catatan itu ditorehkan Mario Aji setelah dia menempati menjadi pebalap tercepat ketiga pada Kualifikasi Moto3 Mandalika.

Pebalap berusia 18 tahun itu finis ketiga dengan catatan waktu lap 1 menit 41,567 detik, hanya tertinggal dari Carlos Tatay (1 menit 41,232 detik) dan Diogo Moreira (1 menit 41,567 detik).

Pencapaian itu terhitung hebat karena Mario Aji berjuang di Kualifikasi 1 (Q1) lebih dulu sebelum masuk ke Q2.

“Tentu saja kami sangat senang dengan pekerjaan yang kami lakukan,” kata Mario Suryo Aji usai Kualifikasi Moto3 Mandalika.

“Tidak mudah, tetapi super happy dengan tim dan dengan diri saya sendiri. Terima kasih kepada keluarga yang datang mendukung saya,” ujar pebalap Honda Asia Team itu. 

Pada balapan Moto3 besok, Minggu (19/3/2022), Mario Aji menegaskan ingin menikmati persaingan dengan para rivalnya dan melakukan yang terbaik untuk berdiri di podium.  

Apabila mampu mempertahankan posisinya di tiga besar hingga akhir balapan, Mario Suryo AJi akan menjadi pebalap Indonesia pertama yang meraih podium dalam sejarah Grand Prix. 

“Besok saat balapan saya kan mencoba melakukan yang terbaik dan menikmatinya,” kata Mario Suryo Aji.

Alex Rins mengalami kejadian yang cukup mengerikan saat mengikuti sesi latihan bebas alias free practice 4 (FP4) MotoGP Mandalika, Sabtu sore WIB.

Motornya tiba-tiba mengeluarkan api ketika melintasi Tikungan 13 Sirkuit Mandalika. Sang pebalap langsung turun dan menjauh dari motornya.

Setelah itu, para marshal bergegas memadamkan kobaran api dari motor Alex Rins yang terbakar.

Alex Rins menyadari motornya bermasalah ketika melaju di Tikungan 10. Namun, dia tidak tak tahu bahwa motornya memicu api.

Masalah pada tabung oli menjadi penyebab terbakarnya motor pebalap tim Suzuki Ecstar itu.

“Ada masalah pada tabung oli. Ban belakang saya sedikit selip di Tikungan 10. Saya melihat ke bawah dan semuanya tampak normal,” ucap Rins, dikutip dari Crash.

“Di tikungan selanjutnya, ban belakang saya selip lagi, jadi saya memilih keluar dari racing line demi keselamatan,” tutur rekan setim Joan Mir itu menambahkan.

“Lalu, saya melihat motor saya terbakar. Itu momen yang menakutkan. Apa yang di pikiran saya adalah ‘Alex, lompatlah!’ karena mungkin motor saya bisa jadi meledak,” tuturnya.

Johann Zarco (Pramac Racing) menjadi korban dari ceceran oli motor Alex Rins. Rider berkebangsaan Perancis itu tergelincir di Tikungan 10.

Jalannya FP4 MotoGP Mandalika sempat dihentikan sejenak setelah red flag dikibarkan karena insiden Alex Rins.

Dengan 23 menit tersisa, FP4 bisa bisa dilanjutkan kembali setelah trek bersih dari ceceran oli motor Rins. Namun, jadwal kualifikasi MotoGP Mandalika jadi mundur beberapa menit.

Drama Kualifikasi MotoGP Mandalika, Marquez aktor utamanya

Hari kedua rangkaian MotoGP Mandalika tidak berjalan sesuai rencana Marc Marquez.

Bermaksud mengejar waktu di Kualifikasi 1 (Q1) untuk lolos ke Q2 MotoGP Mandalika, Marc Marquez malah terjatuh sampai dua kali.

Marquez sempat menduduki peringkat keempat pada menit-menit awal Q1 MotoGP Mandalika.

Namun, tak berselang lama setelah itu, Marc Marquez tergelincir dari motornya ketika memasuki Tikungan 13 Sirkuit Mandalika.

Marquez jatuh dengan posisi telentang, sedangkan motornya terguling beberapa kali di area gravel.

Setelah itu, Marc Marquez bergegas menuju garasi untuk mengganti motor.

Sekitar tiga menit menjelang sesi Kualifikasi 1 berakhir, Marquez kembali ke lintasan dengan motor baru.

Akan tetapi, menjelang akhir Q1, pebalap Repsol Honda itu kembali terjatuh dari tunggangannya.

Sang pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu mengalami lowside crash di Tikungan 12 Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Marc Marquez pun mengakhiri aksinya di Q1 MotoGP Mandalika dengan berada di urutan kelima dengan catatan waktu 1 menit 31,830 detik.

Posisi itu tidak cukup untuk membawanya ke Q2 karena hanya dua pebalap teratas yang berhak lolos ke Kualifikasi 2.

Dengan hasil tersebut, Marquez pun dipastikan bakal start dari urutan ke-15 pada race MotoGP Mandalika, Minggu (19/3/2022).

Marc Marquez bukan satu-satunya pebalap yang mengalami crash pada kualifikasi MotoGP Mandalika, Joan Mir, Franco Morbidelli, dan Aleix Espargaro juga merasakan hal serupa.

Mir tergelincir dari motornya pada menit-menit terakhir Q1, yang membuatnya mengakhri kualifikasi MotoGP Mandalika di urutan ke-18.

Lalu, Franco Morbidelli terjatuh dari motornya ketika melintasi Tikungan 5 Sirkuit Mandalika. Morbidelli menempati posisi ke-12 di akhir sesi kualifikasi.

Sementara itu, Aleix Espargaro mengalami crash di Tikungan 10 dan menjadi pebalap tercepat ke-10 dalam duel perebutan pole position.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Hari #Kedua #Mandalika #Kemunculan #Super #Mario #Aji #hingga #Drama #Kualifikasi #MotoGP #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts