Leg 1 Final Piala AFF: Siapa Layak Gantikan Pratama Arhan di Timnas Indonesia?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pratama Arhan dipastikan absen pada leg pertama final Piala AFF 2020 kontra Thailand. Lantas siapa yang layak menggantikan Arhan di sisi kiri pertahanan timnas Indonesia?

Read More

Timnas Indonesia akan melawan Thailand pada pertandingan final Piala AFF 2020.

Leg pertama final Piala AFF 2020, Indonesia vs Thailand, bakal digelar di National Stadium, Singapura, pada Rabu (29/12/2021) malam WIB.

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia dipastikan tidak bisa memainkan Pratama Arhan pada leg pertama final menghadapi Thailand.

Arhan harus absen pada laga Indonesia vs Thailand karena akumulasi kartu kuning. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Shin Tae-yong.

“Namun, kami juga kehilangan Pratama Arhan. Jadi, kami juga tidak bisa memainkan komposisi terbaik seperti Thailand. Hal seperti ini (kehilangan pemain kunci) sangat mungkin terjadi di sebuah turnamen,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Thailand.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menilik Opsi Pengganti Arhan di Sisi Kiri Pertahanan Garuda

Tanpa Pratama Arhan, Shin Tae-yong harus memutar otak guna menutup lubang yang ditinggalkan pemain berusia 21 tahun tersebut.

Arhan sendiri selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di sektor kiri pertahanan Garuda. Di Piala AFF 2020, ia sudah tampil lima kali dan mencetak dua gol plus dua assists.

Opsi pertama untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Pratama Arhan adalah Edo Febriansyah.

Bek kiri milik Persita Tangerang itu sudah dua kali dimainkan Shin Tae-yong di Piala AFF kali ini.

Edo tampil sebagai pemain pengganti saat timnas Indonesia melawan Kamboja, lalu menjadi starter pada laga kontra Laos di fase grup.

Opsi kedua yang bisa dipilih Shin Tae-yong untuk menggantikan Pratama Arhan adalah Rizky Dwi Febrianto.

Pemain klub Arema FC itu bisa bermain sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Posisi natutal Rizky Dwi Febrianto adalah full-back kanan. Akan tetapi, saat membela Madura United, ia juga pernah mengisi posisi bek kiri.

Rizky sendiri sudah mencatatkan satu penampilan di Piala AFF 2020. Ia masuk menggantikan Asnawi Mangkualam pada menit ke-69 saat Indonesia bersua Vietnam pada babak penyisihan grup.

Opsi lain yang bisa dicoba Shin Tae-yong adalah menggeser Rachmat Irianto ke posisi bek kiri.

ANTARA FOTO/HUMAS PSSI Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kanan) berusaha melewati pesepak bola Timnas Malaysia Mohamad Faisal (tengah) dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semifinal Piala AFF.

Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, memang pemain bertahan serbabisa. Ia bisa bermain sebagai bek tengah, bek kanan atau kiri, dan gelandang jangkar.

Posisi bek kiri pernah ditempati Rachmat Irianto saat membela klubnya, Persebaya Surabaya.

Namun, opsi menarik Rian ke posisi bek kiri sangat berisiko mengganggu stabilitas lini tengah timnas Indonesia. Apalagi, lawan yang akan dihadapi adalah Thailand.

Sebab, peran Rachmat Irianto sebagai jangkar di lini tengah timnas Indonesia selama Piala AFF 2020 begitu penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Leg #Final #Piala #AFF #Siapa #Layak #Gantikan #Pratama #Arhan #Timnas #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts