Timnas Indonesia Vs Laos, Alasan Shin Tae-yong Rotasi Besar Pemain

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan rotasi besar pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020 melawan Laos.

Read More

Laga timnas Indonesia vs Laos berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, pada Minggu (12/12/2021) sore WIB.

Total ada lima perubahan dalam starting line up timnas Indonesia dibandingkan dengan laga pertama Grup B melawan Kamboja, Kamis (9/12/2021).

Shin Tae-yong kali ini menyimpan Syahrul Fadil (kiper), Ryuji Utomo (bek tengah), Pratama Arhan (bek sayap), Witan Sulaeman (gelandang serang), dan Ezra Walian (striker).

Dari lima nama di atas, hanya Witan Sulaeman dan Ezra Walian yang duduk di bangku cadangan pada laga melawan Laos.

Lima pemain di atas digantikan oleh Ernando Ari (kiper), Rizky Ridho (bek tengah), Edo Febriansyah (bek sayap), Dedik Setiawan (striker), dan Kushedya Hari Yudo (striker).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun enam pemain yang dipertahankan Shin Tae-yong pada laga melawan Laos adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Alfeandra Dewangga, Irfan Jaya, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan kapten tim, Evan Dimas Darmono.

Meski banyak perubahan dalam starting eleven, timnas Indonesia tetap bermain atraktif dan menyerang sejak awal pertandingan.

Skuad Garuda tampil sangat mendominasi dengan persentase penguasaan bola mencapai 76 persen dan melepaskan total 20 tembakan ke arah gawang.

Dominasi itu membuat timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 5-1.

Lima gol timnas Indonesia dicetak oleh Asnawi Mangkualam (23′ -penalti), Irfan Jaya (34′), Witan Sulaeman (56′), Ezra Walian (77′), dan Evan Dimas (84′).

Adapun satu-satunya gol balasan Laos diciptakan oleh Kydavone Souvanny pada menit ke-41.

Seusai laga, Shin Tae-yong menjelaskan alasan di balik keputusannya melakukan rotasi besar.

Shin Tae-yong menilai seluruh pemain timnas Indonesia sebenarnya layak untuk masuk ke starting line up.

Atas dasar kepercayaan itulah Shin Tae-yong berani mengutak-atik komposisi pemain timnas Indonesia.

“Selamat untuk para pemain. Terima kasih karena mereka sudah bekerja keras. Kami memang sudah mempersiapkan laga ini dengan sangat baik. Ini adalah hasil terbaik yang bisa kami dapatkan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai laga.

“Kami membawa 30 pemain ke Piala AFF 2020. Semua pemain sangat bekerja keras. Mereka semua juga selalu berlatih dengan sangat baik,” ucap Shin Tae-yong.

“Siapa pun yang tampil, saya yakin mereka akan bermain dengan baik. Kedalaman skuad kami sangat baik kali ini. Kepercayaan itulah yang juga membuat saya melakukan lima pergantian pada babak kedua,” tutur Shin Tae-yong menambahkan.

Menilik daftar 30 pemain timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020, terdapat delapan nama yang belum bermain di Piala AFF 2020.

Mereka adalah Markcho Sandy, I Kadek Agung Widnyama, Hanis Saghara, Ahmad Agung, Yabes Roni Malaifani, Muhammad Riyandi, Nedeo Argawinata, Rizky Dwi, dan Egy Maulana Vikri.

Dari delapan nama di atas, hanya Egy Maulana Vikri yang belum bergabung dengan skuad timnas Indonesia di Singapura.

Kemenangan atas Laos mengantar timnas Indonesia ke puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia saat ini memimpin dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan.

Meski kini menempati puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020, timnas Indonesia tidak boleh lengah dan masih harus bekerja keras.

Sebab, timnas Indonesia saat ini hanya unggul selisih gol atas rival abadi mereka, Malaysia, yang duduk di peringkat kedua.

Tidak hanya itu, jadwal timnas Indonesia juga masih berat karena masih harus menghadapi juara bertahan Vietnam dan Malaysia.

Terdekat, timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam terlebih dahulu pada Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Timnas #Indonesia #Laos #Alasan #Shin #Taeyong #Rotasi #Besar #Pemain #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts