Jika Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Malaysia Bisa Mundur dari Piala AFF 2020

  • Whatsapp

KOMPAS.com – “Saat ini, empat pemain timnas Malaysia dinyatakan positif Covid-19. Jika situasi memburuk, bukan tidak mungkin mereka harus mundur dari turnamen (Piala AFF 2020),” tulis media Malaysia, Berita Harian, Jumat (10/12/2021).

Read More

Kutipan di atas cukup mewakili kondisi skuad timnas Malaysia untuk Piala AFF 2020. Tim Harimau Malaya sedang “terjangkit” Covid-19.

Sudah ada empat pemain Malaysia yang dinyatakan positif Covid-19, yakni Khairulzhan Khalid, Faisal Halim, Akhyar Rashid, dan Quentin Cheng.

Dua nama pertama terkonfirmasi positif pada Senin (5/12/2021) atau sehari menjelang laga perdana timnas Malaysia di Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja.

Beberapa hari kemudian, Akhyar Rashid dan Quentin Chong terkena penyakit yang sama. Mereka pun absen pada laga kontra Laos, Kamis (9/12/2021).

Keempat pemain di atas terpaksa disisihkan dari skuad Malaysia untuk menjalani karantina selama beberapa hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan Akhyar Rashid dkk terkonfirmasi Covid-19, timnas Malaysia untuk sementara berkekuatan 19 pemain di AFF Suzuki Cup 2020.

Ini menjadi ujian berat bagi timnas Malaysia. Terlebih, mereka harus menghadapi lawan berat pada laga ketiga Grup B Piala AFF.

Ya, timnas Malaysia sudah ditunggu sang juara bertahan Piala AFF, Vietnam.

Pertandingan kedua kesebelasan rencananya bakal digelar di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021) malam WIB.

Pelatih timnas Malaysia Tan Cheng Hoe menyadari timnya sedang dalam kondisi yang tak ideal jelang laga kontra Vietnam.

Krisis akibat Covid-19 membuat dirinya harus memutar otak untuk mengatur strategi, termasuk menentukan komposisi pemain.

Apabila diperlukan, Tan Cheng Hoe bakal “memaksa” beberapa anak didiknya untuk bermain tidak di posisi naturalnya.

“Kami yakin semua pemain memiliki motivasi terbaik untuk mengisi kekosongan,” ucap Tan Cheng Hoe, sebagaimana dikutip dari Berita Harian, Sabtu (11/12/2021).

“Setiap pemain harus siap menghadapi tantangan kali ini yang cukup berat,” ujar Tan Cheng Hoe menambahkan.

“Kita sudah membuat permohonan untuk mengganti pemain (yang positif Covid-19), tetapi kita juga perlu menghormati kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah,” katan Tan Cheng Hoe.

Timnas Malaysia saat ini masih kokoh di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi enam poin.

Dari dua pertandingan, Malaysia selalu menang, yakni atas Kamboja (3-1) dan Laos (4-0).

Malaysia mengungguli timnas Indonesia dan Vietnam yang berada di posisi 2-3. Kedua tim sama-sama mengoleksi tiga poin dari satu laga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jika #Kasus #Covid19 #Terus #Bertambah #Malaysia #Bisa #Mundur #dari #Piala #AFF #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts