Gerakan Tangan Ketika Melakukan Lempar Lembing

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Lempar lembing termasuk dalam cabang olahraga atletik kategori lempar. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika melakukan lempar lembing adalah gerakan tangan.

Read More

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian lempar lembing adalah bentuk olahraga melemparkan tombak kayu dengan ujung berlapis logam runcing sejauh mungkin.

Jadi, olahraga yang mendorong atau melepaskan lembing dari tangan ke arah tertentu adalah lempar lembing.

Adapun, lempar lembing termasuk dalam cabang olahraga atletik kategori lempar bersama tolak peluru, lempar cakram, dan lontar martil.

Tujuan dari lempar lembing adalah mencapai jarak lemparan sejauh-jauhnya. Lemparan dalam lempar lembing dikatakan sah, apabila lembing menancap di dalam sektor lemparan.

Untuk mencapai hasil lemparan maksimal, atlet harus menguasai teknik dasar lempar lembing serta memiliki kecepatan dan kekuatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dalam olahraga lempar lembing terdapat teknik memegang dan melempar lembing.

Teknik Memegang Lembing

Jumlah cara memegang lembing dalam lempar lembing adalah 3 (tiga) cara yaitu American style, Finnish style, dan Tang style.

Teknik memegang lembing American style atau gaya Amerika adalah posisi jempol dan jari telunjuk ditempatkan di batas pegangan. Sementara itu, posisi jari lainnya adalah memegang lembing secara rapat.

Cara memegang lembing teknik Finnish style adalah dengan mengacungkan jari telunjuk dan ditempelkan di bagian lembing, sementara ibu jari dan jari lainnya memegang lembing tepat di bagian pegangan (menggenggam).

Tang style dikenal juga dengan nama teknik japitan. Cara melakukannya adalah dengan dua jari (jari telunjuk dan jari tengah) sebagai pegangannya dan dijapitkan di batas pegangan lembing yang paling ujung.

Teknik Melempar Lembing

Untuk melempar lembing, seorang atlet biasanya telah menentukan teknik atau gaya pegangan yang akan ia gunakan. Teknik memegang lembing dapat disesuaikan dengan kenyamanan atlet.

Tribunnews.com Seorang atlet lempar lembing Indonesia tengah melakukan latihan.

Dilansir dari kanal YouTube MGMP PJOK SMP Temanggung, gerakan melempar lembing diawali dengan berlari. Cara memegang lembing saat berlari adalah:

  1. Siku ditekuk
  2. Ujung lembing menghadap ke depan bawah
  3. Pastikan jangan sampai lembing bergoyang-goyang ketika berlari
  4. Arah gerak pada olahraga lempar lembing adalah depan atas

Setelah berlari, dilanjutkan dengan gerakan melempar lembing. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Tariklah tangan yang memegang lembing ke belakang
  2. Gerakan kaki saat akan melempar adalah langkah silang depan (langkah jingkat)
  3. Saat melakukan langkah jingkat, posisi lembing jangan sampai bergoyang atau bagian ekor menyentuh lantai (lapangan)
  4. Posisi lembing saat akan dilempar sejajar dengan hidung dan posisi tangan yang memegang lembing lurus
  5. Ketika sudah siap melempar, kaki yang menjadi tumpuan adalah kaki kiri karena yang memegang lembing adalah tangan kanan
  6. Pada saat akan melempar, sikap badan dalam lempar lembing adalah condong ke belakang.
  7. Gerakan tangan ketika melakukan lempar lembing adalah mendorong
  8. Setelah lembing lepas dari tangan, sikap akhirnya adalah kaki kanan di depan, badan membungkuk, dan kaki kiri diangkat ke belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Gerakan #Tangan #Ketika #Melakukan #Lempar #Lembing #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts