Pemain yang Bertugas Menyeberangkan Bola pada Permainan Bola Voli

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bola voli adalah permainan tim. Setiap pemain dalam sebuah tim memiliki tugas dan peran masing-masing.

Read More

Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim secara berlawanan. Jumlah pemain bola voli di masing-masing tim yang bertanding adalah enam yang berada di lapangan.

Keenam pemain tersebut menempati posisi masing-masing dan memiliki tugas yang berbeda-beda.

Melansir laman resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), starting line-up tim voli saat melakoni pertandingan terdiri dari satu orang setter atau tosser, dua orang blocker, dua orang defender atau receiver, dan satu orang universal player.

Akan tetapi, posisi pemain voli ketika bertanding selalu berubah-ubah karena mereka harus melakukan rotasi.

Dalam permainan bola voli, pengertian rotasi adalah pergeseran posisi pemain yang dilakukan saat tim mendapatkan giliran melakukan servis setelah memenangi sebuah rally atas tim lawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam dengan pergerakan posisi mengacu pada posisi awal setiap pemain pada awal set (game).

Alur rotasi ini berlaku kepada semua pemain di lapangan, dengan pengecualian pada posisi sebagai libero dalam sebuah tim.

Selain posisinya yang berbeda-beda, setiap pemain bola voli juga memiliki tugas yang berbeda-beda.

Salah satu posisi penting dalam permainan bola voli adalah spiker.

Apa itu spiker?

Spiker adalah pemain yang bertugas sebagai eksekutor serangan. Spiker disebut juga dengan istilah smasher karena tugasnya adalah melakukan smash ke daerah permainan lawan.

KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Tim bola voli putra Jawa Timur saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore.

Spiker atau smasher biasanya akan menempati posisi depan.

Jadi, pemain yang bertugas menyeberangkan bola sekeras-kerasnya ke lapangan lawan dengan tujuan agar lawan sulit atau tidak bisa menguasainya disebut smasher atau spiker.

Keberadaan seorang spiker dalam sebuah tim bola voli memiliki peran utama sebagai eksekutor serangan dengan melakukan smash atau spike ke arah wilayah permainan lawan.

Berkaitan dengan posisinya, seorang spiker juga bisa berganti peran menjadi blocker apabila lawan ganti melakukan serangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pemain #yang #Bertugas #Menyeberangkan #Bola #pada #Permainan #Bola #Voli #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts