Firman Utina Bicara Soal Protes Suporter di Beberapa Klub Besar Liga 1

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Presiden APPIĀ  (Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia) Firman Utina menyuarakan pendapatnya soal kasus-kasus protes suporter kepada beberapa klub besar Tanah Air terkait penampilan yang dirasa masih belum memadai di Seri 1 Liga 1 2021-2022.

Read More

Ada beberapa kejadian dalam pekan-pekan terakhir di mana para suporter klub Liga 1 secara terbuka mewujudkan ketidak puasan akan performa klub-klub kesayangan mereka dalam pagelaran Seri 1 Liga 1 2021-2022 yang baru memainkan enam pertandingan.

Beberapa contoh protes suporter tersebut adalah saat pendukung Persib Bandung mendatangi Grha Persib di Jalan Sulajana dan menghadang bus tim seusai laga Persib vs PSM.

Sementara itu, suporter Persija dan Persebaya memberikan karangan bunga ke markas masing-masing tim seiring kekecewaan terhadap performa klub jagoan mereka.

Mengomentari kejadian-kejadian tersebut, Presiden APPI Firman Utina mengutarakan tekanan kepada para pemain pasti terjadi.

Di satu sisi, ia mengatakan para suporter hanya dapat melihat pertandingan-pertandingan dari televisi sehingga tak dapat mengetahui secara pasti kondisi kebugaran para pemain di lapangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Firman juga mengatakan tim-tim peserta kompetisi baru kembali bermain setelah absensi selama satu setengah tahun terakhir sehingga wajar apabila belum bisa kembali ke permainan terbaik.

“Perubahan (performa) pasti ada karena ada hampir dua tahun vakum,” tutur eks gelandang elegan Timnas Indonesia tersebut saat ditemui Kompas.com seusai acara penganugerahaan “Indonesia 11” di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, pada Senin (4/10/2021).

“Pesepak bola butuh waktu untuk beradaptasi dengan situasi pertandingan.”

“Apalagi, waktu persiapan sempit. Para pemain juga pasti ingin menghindari cedera setelah sekian lama absen dan banyak pemain muda yang tampil pasti gugup.”

“Saya harap ada perlindungan dari para senior di klub masing-masing untuk para pemain muda ini.”

“Namun, mereka juga sudah tahu situasi menjadi pemain profesional dan harus mempersiapkan diri dari awal agar terbiasa akan hal ini dan mengajarkan mereka arti bertanggung jawab dalam membela klub.”

Mengenai protes para suporter, Firman mengutarakan hal tersebut merupakan hak mereka sebagai salah satu stakeholder sepak bola Indonesia.

“Saya rasa ini hak mereka, tetapi saya mohon berikan waktu bagi pesepak bola kita untuk mengembalikan dan beradaptasi dengan situasi sepak bola sekarang ini,” ujar pemain yang identik dengan nomor 15 saat membela timnas Indonesia tersebut.

“Butuh kesabaran juga.”

“Namun, masih hak mereka untuk memberikan tekanan (kepada para pemain).”

“Bagi saya, ini adalah momen introspeksi bagi para pemain mau pun suporter.”

“Mudah-mudahan dengan adanya pemulihan pandemi yang lebih cepat, suporter bisa datang menyaksikan tim kesayangan dari berlatih mempersiapkan diri sehingga tahu kondisi sebenarnya apakah para pemain dalam kondisi persiapan yang baik atau ada masalah cedera atau lain-lain, saya rasa itu harus.”

Putaran kedua Liga 1 2021-2022 rencananya akan berlangsung di Jogjakarta mulai 15 Oktober 2021.

#Firman #Utina #Bicara #Soal #Protes #Suporter #Beberapa #Klub #Besar #Liga

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts