Catat, 4 Kejuaraan Olahraga Multicabang Internasional 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono sudah menyebut agenda Indonesia ikut serta pada kejuaraan olahraga multicabang internasional pada 2022.

Read More

“Pada 2022 nanti, Indonesia akan mengikuti empat perhelatan kejuaraan olahraga multicabang internasional,” kata Ferry J Kono, kemarin.

Dok. ONE Championship Juara bertahan seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) ONE Women’s Strawweight World Champion, Xiong Jing Nan (kaus hitam), saat hadir dalam program The Apprentice: ONE Championship Edition.

Pertama, Asian Indoor & Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok dan Chonburi, Thailand pada Maret.

Kedua, Islamic Solidarity Games (ISG) di Turki pada Agustus.

Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan, meraih medali emas pada Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku, Azerbaijan, Minggu (14/5/2017).PB PABBSI Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan, meraih medali emas pada Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku, Azerbaijan, Minggu (14/5/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga, Asian Games Hangzhou, China, pada September.

Keempat, Asian Youth Games Shantou, China, pada Desember.

Ilustrasi vaksin Pfizer. Studi dunia nyata tunjukkan keamanan vaksin dan efek samping vaksin Pfizer. Penelitian di Israel menunjukkan, vaksin Covid-19 mRNA ini aman, dengan tingkat efek samping berat yang relatif kecil.SHUTTERSTOCK/Daniel Chetroni Ilustrasi vaksin Pfizer. Studi dunia nyata tunjukkan keamanan vaksin dan efek samping vaksin Pfizer. Penelitian di Israel menunjukkan, vaksin Covid-19 mRNA ini aman, dengan tingkat efek samping berat yang relatif kecil.

Sebelumnya, Ferry J Kono menyebut hingga kini belum ada keputusan tentang pelaksanaan SEA Games Vietnam 2022.

“Vietnam belum memberikan kepastian dalam rapat federasi perhelatan olahraga Asia Tenggara (SEAGF),” kata Ferry J Kono.

Foto udara Stadion sepak bola Sport Center Jabar yang ambruk di Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Atap stadion yang digunakan oleh event PON XIX dan Peparnas 2016 lalu serta tempat latihan beberapa negara pada ajang Asian Games 2018 tersebut ambruk setelah diterjang hujan yang disertai angin kencang pada Sabtu (9/11) sore. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Foto udara Stadion sepak bola Sport Center Jabar yang ambruk di Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Atap stadion yang digunakan oleh event PON XIX dan Peparnas 2016 lalu serta tempat latihan beberapa negara pada ajang Asian Games 2018 tersebut ambruk setelah diterjang hujan yang disertai angin kencang pada Sabtu (9/11) sore. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Ferry menyebut, Komite Olimpiade Vietnam meminta kesabaran anggota SEAGF lantaran komite masih berdialog dengan pemerintah Vietnam.

“Pada rapat SEAGF Oktober saya harap ada keputusan tetap,” kata Ferry J Kono.

Pemain sepak takraw asal Jepang Yuumi Kawamata (# 5) Duong Thi Xuyen (# 7) mencoba memblok serangan lawan di babak penyisihan kuadran putri grup B Asian Games 2018 di Palembang pada 30 Agustus 2018. (Photo by ADEK BERRY / AFP)ADEK BERRY Pemain sepak takraw asal Jepang Yuumi Kawamata (# 5) Duong Thi Xuyen (# 7) mencoba memblok serangan lawan di babak penyisihan kuadran putri grup B Asian Games 2018 di Palembang pada 30 Agustus 2018. (Photo by ADEK BERRY / AFP)

Catatan menunjukkan, pada Juli 2021, SEAGF sepakat menunda SEA Games Vietnam lantaran pandemi Covid-19.

Sedianya, SEA Games Vietnam akan berlangsung pada November 2021.

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

Penundaan itu berlangsung hingga 2022.

Saat ini, kata Ferry, angka terinfeksi virus Covid-19 di ASEAN mengalami penurunan.

Padatnya pelaksanaan olahraga internasional pada 2022 kemungkinan besar akan berpengaruh pada SEA Games Kamboja pada 2023.

Kamboja kini memiliki stadion baru dari pemberian China. Stadion ini sebagai venue tuan rumah SEA Games 2023 mendatang.Morodok Techo National Stadium Kamboja kini memiliki stadion baru dari pemberian China. Stadion ini sebagai venue tuan rumah SEA Games 2023 mendatang.

Pihak Kamboja kata Ferry J Kono sudah menyebut bahwa bila tidak ada kepastian mengenai SEA Games Vietnam hingga 2021 usai, negeri itu akan kesulitan menjadwalkan seminar Chef de Mission atau ketua kontingen hingga penyusunan panduan teknis.

“Padahal, Kamboja sudah serius membangun arena dan menyiapkan atlet,” pungkas Ferry J Kono.

Medali emas Olimpiade Tokyo 2020.(AFP/ODD ANDERSEN)ODD ANDERSEN Medali emas Olimpiade Tokyo 2020.(AFP/ODD ANDERSEN)

#Catat #Kejuaraan #Olahraga #Multicabang #Internasional

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts