Barcelona Umumkan Akhir Kerja Sama dengan Lionel Messi

  • Whatsapp

KOMPAS.com – FC Barcelona secara mengejutkan mengumumkan akhir kerja sama dengan mega bintang Lionel Messi pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB.

Read More

Kabar luar biasa itu datang di saat banyak pihak meyakini Barcelona bakal mengumumkan perpanjangan kontrak anyar sang kapten hanya beberapa jam sebelumnya.

Barcelona mengeluarkan pengumuman singkat di situs mereka, menyesali kondisi ekternal yang memaksa mereka gagal mempertahankan Lionel Messi.

“Walau FC Barcelona dan Lionel Messi mencapai kesepakatan dan niat jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak hari ini, hal tersebut tak dapat tercapai karena rintangan finansial dan struktural (regulasi Liga Spanyol),” tulis pernyataan Barcelona.

“Sebagai akibat dari situasi ini, Messi tak akan bertahan di FC Barcelona.”

“Kedua belah pihak menyesali dengan sangat bahwa keinginan pemain dan klub pada akhirnya tak bisa terwujud.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengekspresikan rasa terima kasih kepada sang pemain atas kontribusinya terhadap kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik baginya untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesional.”

Kontrak Lionel Messi bersama Barcelona sebenarnya telah habis pada 30 Juni lalu.

Mundo Deportivo mengutarakan ada tiga hal besar yang turut membuat pecah kongsi ini terjadi.

Barca gagal mendatangkan Cristian Romero

Salah satu yang utama adalah kegagalan Barcelona mendatangkan bek tengah Atalanta Cristian Romero, rekan setim Messi saat Argentina menjuarai Copa America 2021.

Messi secara khusus meminta Blaugrana memperbaiki lini belakang dan kegagalan klub memastikan kedatangan Romero ditenggarai menjadi penyebab sang mega bintang mengambil keputusan berpisah.

Mundo Deportivo melaporkan Barcelona berupaya mendatangkan Romero beberapa pekan lalu.

Namun, tawaran 40 juta euro plus 10 juta dalam bonus masih belum diterima kubu Atalanta di tengah ketertarikan beberapa klub lain seperti Tottenham.

Sang bek pun ditenggarai akan bergabung ke kubu London tersebut.

Tim Barca dianggap belum kompetitif

Kendati telah mendatangkan beberapa pemain seperti Memphis Depay dan Sergio Aguero, Messi dilaporkan menganggap kalau kubu Blaugrana masih kurang beberapa tambahan personel di area kunci.

Salah satu kunci bagi Messi untuk bertahan adalah ia harus yakin akan proyek olahraga Barcelona karena dirinya masih ingin menantang gelar demi gelar bersama Blaugrana.

Barcelona pada akhirnya gagal membuat sang mega bintang percaya dengan proyek yang dijalani.

Batasan gaji dan regulasi LaLiga

Mundo Deportivo melihat ini sebagai halangan utama yang Barcelona temui dalam upaya mereka memastikan tanda tangan Messi.

Beban gaji Barcelona masih terlalu berat kendati sang mega bintang dilaporkan telah menerima potongan gaji hingga 50 persen.

Barcelona ditenggarai hampir tak punya ruang gerak finansial sama sekali.

Bahkan, berita soal kerja sama antara LaLiga dan CVC Capital Partners yang seharusnya memberi Barcelona suntikan dana sekitar 270 juta euro ternyata tak membantu.

Sky Sports mengatakan Barcelona dan juga Real Madrid pada saat ini menolak investasi dari CVC karena mereka tak ingin pemasukan masa depan mereka diambil.

Kerja sama ini telah diumumkan oleh Komite Eksekutif LaLiga tetapi klub-klub belum memberikan suara mereka.

Pemungutan suara ini baru akan dilakukan pada 12 Agustus. Namun, perjanjian ini tetap bisa berjalan jika klub-klub LaLiga dan Segunda selain Barca dan Madrid tetap menerimanya.

Barca dikatakan tak dapat mendaftarkan pemain-pemain baru di saat mereka tengah bernegosiasi dengan para pilar tim utama seperti Sergio Busquets, Sergi Roberto, dan Jordi Alba untuk mengurangi gaji mereka. 


#Barcelona #Umumkan #Akhir #Kerja #Sama #dengan #Lionel #Messi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts