Cara Melakukan Servis Bawah dalam Bola Voli

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Cabang bola voli mempunyai ketentuan cara mengawali jalannya permainan dalam setiap set atau gim di sebuah pertandingan.

Read More

Bentuk awalan permainan dalam bola voli dilakukan dengan pukulan pertama oleh seorang pemain yang mendapat giliran, dari garis belakang lapangan.

Pukulan bola pertama dari garis paling belakang lapangan untuk mengawali permainan bola voli disebut sebagai servis (service).

Dengan kata lain, servis adalah teknik dasar untuk memulai suatu set dalam permainan bola voli dengan memukul bola ke arah lapangan permainan lawan.

Setelah terjadinya pukulan awal atau usai servis dilakukan, maka bola telah ada dalam permainan untuk diperebutkan kedua tim.

Gerakan servis disebut juga sebagai pukulan sajian pertama atau awal, dapat menentukan jalannya permainan bagi sebuah tim yang mendapat giliran mengambilnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila servis gagal melintasi net, atau jatuh di luar wilayah permainan atau bahkan berada di bidang sendiri maka poin dapat diberikan kepada kubu lawan.

Mengutip dari buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) oleh Winarno dan rekan-rekan, servis dalam permainan bola voli dibagi menjadi servis atas, bawah, serta pukulan awal sembari melompat.

Teknik servis bawah menjadi pilihan bagi banyak atlet pemula karena terbilang mudah dilakukan dibandingkan jenis pukulan awal lainnya.

Bentuk pukulan servis bawah merupakan cara memukul dari arah bawah bola, ketika seorang pemain mendapat giliran mengawali permainan di lapangan.

Rangkaian gerakan teknik servis bawah diawali dengan memposisikan diri di belakang garis batas ujung lapangan.

kemdikbud Ilustrasi servis bawah dalam permainan bola voli

Posisi awal kaki yang benar saat akan melakukan servis bawah bola voli adalah dengan meletakkan kaki terkuat sedikit di belakang.

Misalnya, jika seorang pemain menggunakan kaki kanan secara dominan, maka kaki kirinya berada lebih ke depan.

Lambungkan bola hingga hampir setinggi bahu, kemudian lakukan perkenaan dengan permukaan di antara ibu jari dan pergelangan tangan.

Semakin luas penampang permukaan tangan yang tersentuh dengan bola, besar pula kemungkinan bola hasil service dapat melaju ke wilayah permainan lawan.

#Cara #Melakukan #Servis #Bawah #dalam #Bola #Voli #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts