Profil Sirkuit Assen, Katedral Kecepatan Bersejarah di Belanda

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ajang balap motor MotoGP musim 2021 memasuki seri kesembilan yang mengambil tempat di Sirkuit Assen, Belanda.

Read More

Sebelumnya, pekan balapan MotoGP di Sirkuit Assen harus absen pada musim 2020 karena dampak pandemi Covid-19 di Eropa.

Pembatalan gelaran GP Belanda di Assen musim lalu, mengakhiri rangkaian penyelenggaraan balap motor kelas Grand Prix di sirkuit itu sejak 1949 silam.

Ihwal mula berdirinya Sirkuit Assen sendiri, berkaitan dengan sejarah even balapan motor tahunan di kota tersebut yang sudah bergulir sejak 1925.

Ketika itu, para peserta balapan Tourist Trophy Belanda (Dutch TT) masih diperkenankan beradu kecepatan di lintasan jalan raya melewati tiga kawasan di sekitar Assen yakni Rolde, Borger, dan Schoonloo.

Balapan tersebut kemudian mulai berpindah ke lintasan khusus setahun kemudian, hingga akhirnya Sirkuit Assen yang dikenal sekarang selesai dibangun pada 1955.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, sejarah panjang balapon di Sirkuit Assen membuatnya diberi julukan sebagai ‘The Cathedral of Speed’ atau Katedral Balap di Belanda.

Ciri utama dari sirkuit ini adalah lintasannya yang terbilang sempit, serta ragam karakter tikungan baik tajam hingga cepat memberi tantangan pada para pebalap.

Jumlah tikungan di Sirkuit Assen sendiri mencapai 18, dengan 6 mengarah ke kiri dan 12 lainnya mengarah ke kanan.

Untuk gelaran ajang MotoGP Belanda 2021, jumlah putaran yang harus dilalui pebalap mencapai 26 lap dengan total jarak mencapai 118,1 kilometer.

Rekor putaran tercepat seorang pebalap di Sirkuit Assen untuk kelas MotoGP dipegang oleh pebalap tim pabrikan Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Dok. ttcircuit.com Sirkuit Assen yang selalu digunakan untuk menggelar MotoGP Belanda

Fabio Quartararo mencatatkan waktu 1 menit 32,017 detik ketika meraih posisi terdepan dalam kualifikasi MotoGP di Assen pada 2019.

Sementara, rekor putaran tercepat selama balapan di Sirkuit Assen dalam kelas MotoGP dicatatkan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dengan 1 menit 33,617 detik pada musim 2015.

Pebalap veteran, Valentino Rossi, masih menjadi sosok dengan catatan kemenangan terbanyak di GP Belanda untuk kelas MotoGP dengan 10 gelar yang kali terakhhir diraihnya pada 2017.

Data Singkat Sirkuit Assen

  • Nama Sirkuit: TT Circuit Assen
  • Panjang Lintasan: 4,5 kilometer
  • Lebar Lintasan: 14 meter
  • Lintasan Lurus Terpanjang: 487 meter
  • Jumlah Tikungan: 18 (6 kiri-12 kanan)
  • Pemegang Rekor: Fabio Quartararo 1’32.017 (Kualifikasi 2019)

#Profil #Sirkuit #Assen #Katedral #Kecepatan #Bersejarah #Belanda #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts